Monday, May 7, 2012

A rambling of my artist's block

Jam 1 pagi, dan gue masih bangun, cuma tiduran di kasur sambil online di laptop.

Minggu ini adalah minggu terakhir gue kuliah sebagai TPB alias mahasiswa tingkat satu di FSRD ITB. Dua tugas yang harusnya dikumpulin nanti belom gue sentuh sama sekali lantaran masih nggak ada niat sedikitpun dan badan serta jiwa gue udah mengaktifkan mode liburan duluan. Resolusi semester dua yaitu IP bisa tiga koma menguap entah kemana. Mana akhir-akhir ini gue jadi males gambar dan melakukan hal yang berhubungan dengan seni-senian pula. Tiba-tiba gue inget omongan temen gue minggu lalu pas lagi ngobrol tentang penjurusan, gue lupa siapa dan kalimat persisnya, yang jelas kira-kira doi ngomong gini:

"Gue nggak mau menjadikan hobi gue sebagai pekerjaan. Gue takut kalo misalnya hobi gue gue jadikan sebagai pekerjaan, lama-lama gue bakal muak sama hobi gue itu, jadi beban. Padahal hobi itu harusnya menyenangkan. Makanya, gue mau milih jurusan yang beda sama hobi gue. Biarlah hobi gue tetap jadi sesuatu yang gue senangi, bukannya pekerjaan atau beban,"

Awalnya gue mikir, kalo kira kerja sesuai dengan hobi kita, kita bakal lebih enjoy menjalani pekerjaan itu. Tapi setelah gue denger omongan temen gue tadi, kalo dipikir-pikir ya doi bener juga. Jangan-jangan menjadikan hobi sebagai pekerjaan malah punya efek sebaliknya? Gimana kalo suatu saat nanti gue lulus kuliah, kerja di bidang seni jadi apapun lah itu yang kerjaannya gambar menggambar, gue malah bakal muak menggambar? Gimana kalo nanti gue malah nggak bisa enjoy menggambar lagi? Apa keputusan gue buat masuk FSRD udah bener? Gimana kalo gue masuk sasjep atau komunikasi aja dari awal? Tapi enggak lah, gue bersyukur kok masuk FSRD. Cuma akhir-akhir ini mood menggambar gue bener-bener ilang, dan takutnya karena gue kebanyakan menggambar buat kuliah. Bahkan matkul gamtuk yang biasanya gue semangat pun jujur aja gue jadi nggak terlalu niat. Gambar-gambar iseng pun udah jarang banget akhir semester ini. Yah, semoga aja karena guenya lagi males dan nggak mood aja ya, bukan karena gue mulai nggak enjoy lagi menggambar.

Tolong ya kalo ketemu sama mood menggambar gue, tanyain dong, kapan pulang?

2 comments:

Unknown said...

Hallo ka, kenapa postingan ini aku banget ya... :(
Sebelumnya salam kenal, aku nesh hehehehee *apa deh*
aku kelas 3 SMA sekarang ka, niatnya mau masuk jurusan FSRD ITB.. tapi..... entah kenapa aku jadi kaya yang lagi kakak rasain di postingan ini. TAPI... aku mencoba buat "nggak kaya gitu". Yap, aku nyoba balikin mood gambar aku lagi ka. *jadi curhat..*
oh iya ka, btw aku add facebook kaka. Hahaha accept ya ka, terimakasih :)

Cessi said...

Hai nesh, salam kenal juga, aku Cessi :)

Waduh, mudah-mudahan cepet balik ya mood gambarnya. Sebenernya kita (aku, lebih tepatnya) suka salah ngartiin MALES sama "nggak mood gambar", hayo kamu yang mana? Hahaha.

Tapi terlepas kamu beneran nggak mood atau cuma males, kalo kamu emang pengen mood gambar lagi coba aja dulu corat-coret asal, atau gambar hal-hal yang simpel di sekitar kamu. Dikit aja, tapi sering-sering. Sama banyak liat karya-karya lain yang bagus-bagus dari seniman atau ilustrator yang kamu suka, dijamin jadi pengen gambar. Kalo aku sih biasanya gini. Dan buat menghindari nggak mood gambar, kalo bisa jangan ngegambar di zona nyaman kamu, soalnya suka bikin males. Sering-sering aja jalan-jalan hehe.

Loh? Kamu nggak nanya saran ya?? Hahaha sori deh tapi gapapa ya ini tips aja. Btw request fbnya udah ku accept ya. Good luck nesh ;)