Monday, June 18, 2012

Libur-libur diklat, kok mau sih?

Liburan pergantian tahun ajaran baru kali ini berbeda.

Kalo sebelum-sebelumnya waktu masih sekolah gue cuma dikasih libur selama sekitar sebulanan, kali ini dikasih libur sekitar 3 bulan dari kampus. Enak kan jadi mahasiswa :P
Dan demi menghindari peningkatan lever mager dan gabut serta liburan yang nggak produktif, maka gue memutuskan buat mengisi liburan ini dengan daftar jadi panitia OSKM (simpelnya, acara ospek kampus gue tahun ini) dan ikut diklatnya yang memakan waktu dua bulan lebih. :)

Gue mungkin bukan termasuk orang yang cakap atau menguasai dalam soal keorganisasian dan kepanitiaan, gue juga mungkin bukan termasuk orang yang aware lingkungan, kritis dan solutif, tapi gue pengen ngambil manfaat yang bisa gue ambil dari ikutan acara beginian. Peserta lain mungkin ada yang ikutan OSKM karena alasan yang berbobot seperti contohnya pengen menularkan idealisme dan nilai-nilai kemahasiswaan buat mahasiswa baru, tapi maaf, itu motivasi gue nomer sekian. :))

Di samping buat ngisi waktu libur, disini gue (berharap) dapet banyak temen baru, kenalan baru. Gue emang lagi butuh banget break dari dunia SR yang pastinya bakal puas gue tekuni buat beberapa tahun ke depan, makanya dibanding inisiasi, kuliah lapangan, gawe Mayday atau wisuda 3 gue lebih memprioritaskan OSKM ini. Dan dibanding divisi kreatif, gue malah memilih divisi yang nggak ada sangkut pautnya sama bidang yang gue tekuni. Lagian kapan lagi kita bisa berinteraksi banyak sama temen-temen dari berbagai jurusan dan fakultas lain kalo bukan di acara kayak gini? :D

Selain itu, pengalaman keorganisasian dan kepanitiaan gue juga terbilang masih sedikit. Gue nggak bisa dibilang aktif dalam ekskul sekolah maupun unit di kampus. Pengalaman gue jadi panitia palingan waktu jadi panitia dekorasi dan ngurusin ticketing pensi SMA, sekali, dan beberapa event kecil internal sekolah. Itu juga nggak berat-berat banget kerjanya dan malah lebih banyak gabut mungkin. Yang paling kerasa palingan pas jadi panitia wisuda FSRD, dimana kerjaan gue cukup berat dan cukup kongkrit hasilnya. Pengalaman organisasi? Nggak ada. Mentok-mentok gue cuma pernah ikut kaderisasi calon pengurus OSIS SMA, dan nggak keterima. :))

Gue juga baru dikasitau senior kalo kuliah (apalagi masa TPB/taun pertama) adalah masa paling tepat buat mencoba mengikuti kegiatan non akademis apalagi yang berbau kepanitiaan dan keorganisasian. Jadi kalo ada waktu luang atau merasa mampu, nggak ada salahnya ikut acara ginian. Bisa melatih soft skill yang nantinya bakal dipake banget kalo udah terjun ke dunia kerja, dapet pengalaman dan wawasan, temen-temen baru (buat networking sekalian) atau malah gebetan #eh. Lumayan juga lho, buat manjang-manjangin CV. :P

4 comments:

Karina Muriko said...

itu yang nambah gebetan, kayanya banyak ya cess wawawa

C said...
This comment has been removed by the author.
Cessi said...

ya elu contohnya hahahahah :p

Karina Muriko said...

Betttooooooooooollll :333