Tuesday, December 4, 2012

Insiden Simpang Dago

Insiden ini baru aja terjadi tadi, pagi sekitar jam 10an kurang.
Jadi ceritanya hari ini gue ada kuliah pagi jam 7.30, dan gue bangun jam 6.30. Sebenernya sih, sempet kalo mandi dulu, tapi emang dasar gue mager parah, akhirnya gue cuma cuci muka dan sisiran, baju pun nggak ganti dari yang kemaren gue pake. Jorok ya :(. Setelah ngumpulin nyawa dan siap-siap seadanya, gue sampe kampus jam 7.30 pas dengan tampang beler. Dan ternyata asdosnya baru dateng jam 8. Sial sekali.

Singkat cerita, setelah kelas pagi selesai kira-kira jam 9.15 lebih, gue memutuskan buat balik dulu ke kosan buat mandi dan lain-lain. Sebenernya abis itu gue langsung ada kelas lagi, mata kuliah studio, tapi berhubung kuliahnya santai (baca: gabut) banget, jadi gue bisa balik dulu deh hehe. *oh the perk of being a printmaking student!*

Jam 9.45 gue cabut dari kampus, tidak lupa membeli sekantong kentang arab buat ganjel perut yang belom sarapan. Dari depan parkiran SR, gue naik angkot biru jurusan Caringin-Sadang Serang buat ke kosan gue yang ada di Jl. Tubagus Ismail. Waktu itu jujur aja gue nggak ada firasat apapun mengenai apa yang akan menimpa gue; dengan santainya gue duduk di samping pak supir yang sedang bekerja mengendarai kuda supaya baik jalannya dengan posisi tas ransel masih gue pake, hape gue pangku dan kentang arabnya gue pegang sekalian gue makan di jalan. Sampe Simpang Dago pun gue masih santai-santai aja sambil ngiler ngeliatin billboard iklan McD yang katanya tanggal 10 Desember 2012 gratis egg McMuffin untuk 1000 orang pelanggan pertama dari jam 5-10 pagi. (lho kok malah promosi??)

Lalu angkotnya gue stop di depan salon Memori sebelah McD karena gue males keramas sendiri pengen cuci blow dulu. Gue naro uang ngangkot di dashboard dan langsung turun, masuk ke dalem salon. Di dalem, gue daftar ke mbak-mbaknya buat cuci blow. Taaaapiiiiiiiii, baru beberapa langkah dari meja pendaftaran, gue merasa ada yang aneh. Tangan gue kok ringan banget..?

Gue hanya menenteng kantong plastik isi kentang arab.
Oh, pantes ringan banget.
...
Tunggu bentar,
HAPE GUE MANA?

Harap-harap cemas, gue langsung ngebongkar isi tas ransel gue meski gue yakin, tadi hapenya nggak gue masukkin tas atau kantong manapun. Dan emang bener, di tas nggak ada. Di kantong celana apalagi. Di meja pendaftaran juga nggak ada. Rasanya emang sejak turun tadi gue nggak merasa membawa hape gue. Gue pun sampai ke satu kesimpulan..

MAMPUS, BERARTI HAPE GUE KETINGGALAN DI ANGKOT!

Panik, gue buru-buru keluar, tas dan kentang arab gue ditinggal gitu aja di kursi ruang tunggu salon. Di jalanan depan salon udah nggak ada angkot biru sama sekali. Angkot gue udah pergi!

Tapi gue di dalem salon belom lama, mungkin baru 5 menit atau bahkan kurang, jadi gue yakin angkot yang gue naikin tadi belom jauh, masih bisa gue kejar. Gue pun berjalan cepat menyusuri jalanan Simpang Dago ke arah belokan jalan Tubagus (rute angkot tadi), panik takut angkotnya ilang duluan, sambil berusaha mengingat-ngingat apakah jangan-jangan hape gue ketinggalan di kampus. Nope, gue inget banget kok, sempet gue pegang di angkot!

Selama setengah lari di jalan itu, gue takut banget. Nggak kebayang kalo hape gue ilang karena kecerobohan gue sendiri, kebawa angkot gitu aja. Terakhir hape gue ilang itu waktu kelas 3 SD, mana hape pertama pula. Masa' sekarang ilang lagi?! Nggak lucu banget! Gue juga nggak tau harus lapor kemana kalo hape gue ketinggalan di angkot yang bahkan wajah supirnya maupun atribut angkotnya gue lupa. Yang gue tau cuma angkot itu warnanya biru, jurusan Caringin-Sadang Serang. Ada berapa puluh unit sih di Bandung? Banyak, kali. Sempet juga kebayang hal-hal berharga apa aja yang ada di dalem hape gue itu (termasuk diantaranya foto-foto tampan dan seksi Kengo Kora), dan semua kenangan indah yang kita lalui bersama *tsah*. Rasanya gue belom mau berpisah sama hape yang masih sehat wal afiat itu. Nggak, gue nggak boleh kehilangan dia.

Tapi ternyata semesta berpihak sama gue. Tuhan masih sayang sama gue. Gue seperti mendapat secercah harapan saat gue melihat kondisi jalanan ke arah belokan Tubagus yang padat merayap. Yes, berarti gue masih bisa ngejar itu angkot!

Dan bener aja, setelah mencermati satu-satu kendaraan yang sedang 'merayap' ke arah belokan Tubagus, hanya ada satu angkot biru. Dengan berbekal keyakinan diri *caelah bahasanya* kalo itu angkot yang tadi gue naikin, gue pun tunggu di pinggir jalan sampe angkot biru itu mendekat, dan gue langsung tongolin kepala ke jendela jok depan angkotnya.

"Mas, tadi ada hape ketinggalan nggak?!" tanya gue dengan harap-harap cemas.
"Wah nggak tau neng, coba dicari dulu," jawab si mas-mas santai tapi juga keliatan sedikit bingung kayaknya liat gue ujug-ujug dateng nyariin hape.

Waktu itu gue udah nggak peduli itu angkot bener apa enggak yang tadi gue naikin, yang penting nyari dulu. Masih dari jendela, dengan deg-degan mata gue mencari-cari di areal depan, dan.. Sesosok(?) benda persegi panjang berwarna hitam berlapis karet silikon dengan seuntai headset teronggok dengan manisnya di kolong sisi samping jok depan, di balik pintu lebih tepatnya.

ALHAMDULILLAH! HAPE GUE MASIH ADA!

Dengan penuh rasa suka cita, langsung gue ambil itu hape dan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada si mas-mas yang tampak sumringah dan kebingungan.

Lalu gue balik lagi ke salon Memori dan melanjutkan cuci blow seakan tidak terjadi apa-apa. Dan sampai postingan ini gue ketik, hape gue tercinta masih ada, setia menemani di samping gue :">

Gue jadi kepikiran, kalo seandainya setelah gue turun itu ada yang naik ke angkot dan duduk di jok depan, apakah hape gue akan jatoh ke jalan? Secara posisi jatohnya di balik pintu angkotnya gitu, jadi kalo ada orang buka pintunya kemungkinan bakal jatoh. Huft. Itu juga kalo cuma jatoh. Coba kalo jatoh dan diambil orang nggak bertanggungjawab? Gue bersyukur nggak ada yang naik setelah gue.

Gue kepikiran juga kalo seandainya gue nggak jadi ke salon dan langsung ke kosan, kejadian hape ketinggalannya pas udah di jalan Tubagus. Pasti susah buat ngejar angkotnya, secara jalannya lancar dan lurus doang nggak ada tempat ngetem, bahkan mungkin nggak kekejar dan hape gue tinggal kenangan.

Dan untuk pertamakalinya gue bersyukur jalanan sekitar Simpang Dago macet. Ternyata ada hikmahnya juga. :">

Moral of the story:
1. Jagalah barang bawaan anda baik-baik dimanapun, kapanpun! (apalagi pas di tempat umum atau di dalam kendaraan umum)
2. Jangan jajan kentang arab depan parkiran SR. Enakan yang di gerbang belakang.
3. Kalo males keramas tapi ada duit, ke salon Memori aja. Murah kok cuci blow cuma Rp. 17.500.

Kok jadi promosi?

1 comment:

inna norman said...

yaampun mengharukan sekaligus kocak deh cess