Monday, November 26, 2012

Laptopku sayang, laptopku malang

Heran gue, kenapa ya, gue kalo punya laptop atau komputer pasti nggak pernah ada yang bener.

Yang pertama adalah komputer gue waktu dulu masih di rumah Cibubur. Komputer ini adalah yang paling lama gue pake, selama 3 taun SMA lah kurang lebih. Di komputer ini gue bisa ngapain aja, nonton video, dengerin musik pake iTunes, download sebanyak-banyaknya, main games semacam GTA dan The Sims 2, install widget dan aplikasi lucu-lucu, ngedit foto atau gambar di sotosop, macem-macem deh. Bisa dibilang nggak ada kekurangan atau kelemahan yang berarti. Palingan yang paling noticeable itu speknya yang nggak kuat buat The Sims 2, jadi grafiknya ada yang nggak sempurna. Buat main The Sims 3 juga nggak bisa, soalnya ternyata VGA-nya nggak kuat. Padahal udah di-install dan tinggal mainin lho, huhu. Kakak gue katanya mau beliin VGA baru yang bisa buat main, tapi nyatanya sampe sekarang cuma tinggal wacana. Cih.

Intinya, gue cinta banget sama komputer gue yang satu ini. Saking cintanya, waktu gue keterima FSRD ITB, gue nggak mau laptop dan malah minta biar komputernya di bawa sekalian ke Bandung. Bokap gue nggak setuju. Setelah tawar menawar yang cukup alot, akhirnya komputernya harus gue relakan tetap di rumah dengan alasan meja di kosan nggak muat, padahal sih muat-muat aja, bilang aja males ribet! Tapi sebagai gantinya gue dikasih laptop. Well, jangan senang dulu karena laptop yang dimaksud sama sekali bukan laptop baru melainkan laptop Toshiba punya bokap gue yang sepertinya udah nggak pernah dipake selama 5 kali Indonesia ganti Presiden. Gue pun mikir, bokap 'kan gaptek, gue juga nggak pernah liat beliau mainan laptop sama sekali, dan parahnya gue bahkan baru tau beliau punya laptop. Jangan-jangan emang ini laptop beneran udah lama banget nggak dipake lagi? Dan setelah gue mencoba memakai laptop tersebut, rasanya gue tau kenapa laptop itu nggak pernah dipakai.

Sekilas, nggak ada keganjilan yang tampak pada laptop ini; kecuali saat kalian copot kabel powernya dari stop kontak. Maka pada saat itu juga; pet! Laptopnya akan mati. Ternyata laptopnya rusak saudara-saudara, sehingga kalo make harus dicolokin, nggak bisa sama sekali kalo cuma ngandelin batere. Kebayang  'kan ribetnya kayak apa? Gimana kalo lagi ngerjain sesuatu yang penting tiba-tiba listrik mati sekilas? Masa harus nge-save tiap semenit sekali? Gimana kalo gue harus bawa laptop ini ke kampus? Masa harus nyari tempat yang ada colokannya baru bisa make? Makanya gue nggak pernah sekalipun bawa laptop ini keluar kamar. Dan yang paling ngeselin adalah laptop ini pas kabel powernya dicolokin ke stop kontak nggak langsung nyala, karena usut punya usut, konektornya (kayak yang kiri) itu abal-abal jadi nggak bisa nyambungin power dari stop kontak ke steker kaki tiga laptop gue (kayak yang kanan) dengan sempurna. Jadi kadang mesti digoyang-goyangin dulu, dilepas-dipasang ulang, dicolokin pelan-pelan atau malah kenceng, dan variasi-variasi lainnya sampe laptopnya mau nyala. Hih, siapa sih yang dulu beli konektornya? :|

ini gambar nyomot dari Google, bukan punya gue beneran

Belom kelar sama masalah power, dateng lagi masalah-masalah lain. Entah emang dari sananya udah rusak apa gimana, monitor laptop gue jadi suka mendadak disko. Iya, mati nyala-mati nyala gitu, ngedip. Males banget nggak sih? Dan munculnya juga tiba-tiba, kambuhan gitu. Makin lama makin sering. Ditambah problem lain yaitu laptop gue yang mendadak jadi lemot. Main game Heroes of Hellas 3 aja pergerakan grafiknya jadi lambaaaat banget. Ternyataaaa, memorinya emang udah kepenuhan hehehe :p tapi berhubung gue udah males sama masalah-masalah dalem laptop ini, akhirnya laptopnya gue balikin ke bokap, minta dibenerin dulu. Hih.

Tentunya, gue nggak bisa kalo nggak ada laptop atau komputer di kosan gue, dong. Gimana mau online sama nugas? Dan alih-alih beliin laptop baru (bokap bilang laptop Toshiba itu buat sementara aja, abis itu dibeliin baru), gue malah 'dipinjamkan' laptop bekas lain, kali ini bekas nyokap gue, merk Acer alias Awas CEpet Rusak. Katanya sih ini laptop dari kantor, tapi nggak pernah dipake (karena nyokap gue gaptek :p). Pas gue cek isinya, iya sih, cuma ada satu apa dua folder dengan nama nyokap yang isinya file kerjaan dikit banget. Sisanya kosong, cuma folder dan file program-program laptopnya. Pertama gue dapet laptop ini lumayan lega sih, selain karena jauh lebih baru dari laptop Toshiba sebelumnya, isinya masih kosong jadi bisa gue isi macem-macem. Tapi ternyata gue SALAH BESAR.

Awal-awal gue make laptop ini, belom ada keanehan. Tapi perlahan-lahan.. Lho? Kok sering muncul warning kalo disknya hampir penuh? Gue cek drive (E:), masih banyak kok, 264 GB. Tapi begitu gue cek drive (C:), gue speechless..
SIZE-NYA KOK CUMA 20,4 GB????
Bukan, 20,4 GB itu BUKAN SIZE YANG TERSISA di drive (C:) gue, tapi TOTAL KESELURUHAN size drive (C:) itu sendiri. Gila nggak tuh. Nginstall game aja nggak bisa. Kalo nggak bisa install game oke lah, tapi gara-gara size drive (C:) yang kecil jadi mau ngejalain program lain yang penting juga nggak bisa. Bayangin aja, gue nggak bisa buka gambar apapun kecuali lewat MS Paint. Ngedit pun via Paint atau online image editor. Itupun kalo mau ngesave gambar yang abis diedit via Paint harus mati-matian berkali-kali nyoba, soalnya suka nggak mau kesave, padahal gue ngesave nggak ke drive (C:), kok. Nonton video berformat MKV juga nggak bisa, padahal gue udah install K-Lite codec pack bla bla bla itu yang bisa ngebaca format MKV, tapi begitu dijalanin programnya nggak bisa gara-gara nggak cukup memori. Sial. Apalagi iTunes, mana bisa. Padahal isi laptopnya udah sering gue kurang-kurangin terutama di drive (C:) jadi sisa yang penting-pentingnya aja, tapi tetep aja sisa disknya segitu-gitu aja, nggak pernah lebih dari 10 MB kayaknya. Itu juga nggak bertahan lama. Makanya, dibanding laptop Toshiba atau komputer pertama gue, ini yang paling parah. Pengen banget sih ganti, tapi bingung mau ganti apa, itu juga kalo dibolehin. Kata pacar sih minta dipartisi ulang aja biar sizenya bisa pake yang gede, tapi sampe sekarang belom dilakukan karena males hehehe.

Atau.. ada yang mau berbaik hati beliin laptop baru yang normal? :3

No comments: