Friday, November 2, 2012

Sesi Kontemplasi (atau Filosofi?) Bersama Alvin

Jadi entah kenapa beberapa hari lalu gue tiba-tiba pengen diskusi sama temen gue, Alvin, soal yang namanya takdir, perannya dalam kehidupan, dimulai dari pertanyaan gue, "Lo percaya gak soal rezeki, jodoh dll udah diatur sejak kita di kandungan?". Sayang kita nggak ngobrolin ini sampe tuntas, tapi beberapa hari kemudian gue sambung lagi dengan pertanyaan lain. 

C = gue, A = Alvin

C: Misalnya
C: Entah gimana caranya lo bisa mengetahui secara pasti bahwa pasangan (pacar, tunangan) lo yang sekarang bukan jodoh lo
C: Apa yang akan lo lakukan?
A: Ya udah jalanin aja
C: Sekalipun lo tau kalo toh pada akhirnya kalian bakal pisah juga?
A: Mana tau itu salah satu proses pendewasaan
A: Dia 'pernah' jadi pilihan gw, dan gw harus tanggung jawab akan hal itu
A: Tapi gw ga akan nyerah sih
A: Yep
A: Itu pilihan gw
A: Gw akan tetap mencoba meski ga mungkin, untuk hal-hal yang bener-bener gw inginkan
A: Apa yang menyebabkan seseorang bahagia?
C: Yang menyebabkan seseorang bahagia.. Ya macem-macem
C: Pasti beda-beda jawabannya
A: Nggak, jawabannya cuma 1
A: Rasa syukur orang itu
A: Semakin bersyukur semakin bahagia
C: Kalo dipikir-pikir.. Bener juga sih
C: Jadi bahagia enggaknya seseorang itu tergantung dari rasa bersyukurnya ya?
C: Ada orang yang udah punya segala-galanya dia ga bahagia karena merasa masih kurang, atau dengan kata lain, gak bersyukur
C: Sedangkan orang yang serba kekurangan bisa aja bahagia hanya karena dia bersyukur akan hidupnya, bahkan bersyukur kalo dia masih bisa hidup
A: Ya gak sih?
A: Ketika lu gak bersyukur, mau sekaya apapun elu, mau sehebat apapun jodoh lu anak-anak lu. Ya lu gak bahagia.
A: Ya, rezeki orang bisa beda-beda, ada yang banyak ada yang dikit. Tapi Tuhan adil kan, yang menentukan kebahagiaan itu kita sendiri
C: Bener sih.. Gw pernah denger entah kapan dimana kalo kebahagiaan kita tuh kita yang nentuin sendiri, gimana kita bersyukur aja
C: Tapi  baru bener-bener 'ngeh' sekarang
C: Happiness is just a state of mind?
C: Bahkan Tuhan maha adil soal kebahagiaan.. Ini pencerahan banget lho
C: Banyak juga kan orang yang bilang Tuhan gak adil, karena si A dilahirkan di keluarga yang enak, si B dilahirkan di keluarga yang 'salah'
C: Ternyata
A: Ya gitu
C: *nods*
A: Iya, yang bikin lo bahagia atau nggak itu sebuah faktor internal dan bukan eksternal
A: Eh dan nyambung dari pertanyaan pertama
A: Pernah denger saying "to see how far could I go"
A: Itu kayak udah tau pasti gagal tapi tetep dicoba
C: Pernah pernah, ada juga kan di lagu "lets see how far we go"
C: Trus kalo udah liat bisa seberapa jauh, gimana? Udah?
A: Udah aja
A: "Oh jadi gini, oke, I must be better than this."
C: Begitu sampe ketemu jodoh beneran ya?
A: Iya
A: Agar saat lu ketemu jodoh beneran lu, lu bisa bersyukur dan berusaha buat dia bersyukur juga

-end-

This conversation then let me immerse myself into my own mind; to the things that I've been believing for months (or even years), and probably will have its own impact to the way I think. I, who used to be an optimist, am now being pretty pessimist (or trying to be realistic, but failed anyway). But every cloud has a silver lining, so I guess I gotta hold my head up and deal with it, because it's all the part of growing up, just one small part of life.

5 comments:

Shahnaz Prila said...

" Tapi Tuhan adil kan, yang menentukan kebahagiaan itu kita sendiri". Ini super nampol Ces, dan gue baru 'ngeh' sekarang...

Shahnaz Prila said...

ini sabi bener....

Shahnaz Prila said...

ini sabi bener....

Anonymous said...

hah keren banget temen lo si Alvin iniiiiiii, gue copy paste boleh nggak?

Cessi said...

hahaha jangan gitu nanti ge-er kalo orangnya baca :p silahkan :)