Friday, November 16, 2012

Wreck-It Ralph: Not Just Another Movie About Video Game

Wah udah lama nggak bikin review di blog ini! x) tapi berhubung lagi mood-moodnya nulis, oke, gue mau bikin review dikit soal film animasi Disney yang baru gue tonton beberapa jam yang lalu, yaitu Wreck-It Ralph.



Berangkat dari rasa penasaran dan respon teman-teman yang semuanya positif setelah nonton, akhirnya gue pun nonton film ini. I'm not a big fan of Disney nor western animated movies, tapi setelah liat trailer-nya, well, gue rasa Wreck-It Ralph worth a try.

Wreck-It Ralph ini menceritakan tentang Ralph, tokoh jahat dari game ding-dong (arcade game) 8-bit Fix It Felix, Jr. yang bosen jadi tokoh jahat terus. Ralph pengen ngerasain yang namanya jadi hero, the good guy on the game. Akhirnya doi memberontak, keluar dari game-nya dan masuk ke game lain buat ngedapetin medali yang hanya bisa dimenangin oleh hero dalam game manapun sebagai bukti kalo dia juga bisa jadi hero, nggak cuma ngerusak. Tapi siapa yang ngira kalo ternyata keinginan Ralph buat menentang kodratnya sebagai tokoh jahat ini bakal menimbulkan masalah-masalah baru yang lebih besar dan bisa mengancam game-game lain? Emang apaan masalahnya? Nonton aja ya sendiri :p hehehe.

Ralph (kiri) yang selalu digambarkan sebagai tokoh jahat yang pemarah dan suka merusak bangunan apartemen sehingga membuat penghuni apartemen takut dan Felix (kanan) si tokoh baik penyelamat yang dicintai seluruh penghuni apartemen karena selalu membetulkan kerusakan akibat ulah Ralph dalam game.

Yang gue suka dari film ini adalah konsepnya buat ngangkat dunia arcade game beserta karakter-karakternya. Mirip-mirip sih sama Toy Story dimana ceritanya mainannya bisa hidup dan beraktivitas saat manusia nggak ngeliat. Tapi gue suka konsep villain of the game yang memberontak karena bosen jadi the bad guy dan pengen jadi hero. Dan lucunya lagi, disini kita banyak ketemu sama game-game familiar beserta tokohnya yang emang beneran ada udah terkenal beneran kayak Street Fighter, Pac-Man, Sonic the Hedgehog, Q*bert, Super Mario, Mortal Kombat, Dance Dance Revolution, dan lain-lain. Bahkan Skrillex jadi cameo disini  :)) Oh ya dan yang suka pun jokes juga akan dimanjain banget karena sepanjang film ada banyak sekali pun jokes x)

familiar?

Kekurangannya? Hmm.. Apa ya.. Mungkin kalo gue pribadi sih pengen game-game lain lebih diekspos di film ini, terutama game-game yang udah terkenal duluan yang gue sebutin diatas. Awalnya juga gue kira si Ralph akan berkelana ke banyak game universe, or at least, tokoh-tokoh dari game yang tadi gue sebutin akan muncul buat membantu gitu misalnya. Ternyata nggak. Yaudahlahya, mungkin susah ngurus lisensinya? :))

Yang nggak gue sangka adalah, ternyata AKB48 ikut ngisi soundtrack buat Wreck-It Ralph xD AKB48 bok, grup idol Jepang itu, lagunya jadi soundtrack film, Disney pula. Kurang oke apa coba :)) kalo mau tau kayak apa lagunya, search aja Sugar Rush - AKB48. Iya, emang ini ceritanya jadi theme song (berbahasa Jepang) game Sugar Rush di filmnya.

Oh ya, sebelum filmnya dimulai, ada film animasi pendek berjudul Paperman sebagai pembuka. Paperman menceritakan tentang seorang cowok yang nggak sengaja ketemu seorang cewek di stasiun kereta, dan setelah itu, ternyata si cewek berada di gedung seberang gedung kantor tempat si cowok bekerja. Si cowok ini pun, yang udah jatuh cinta sama si cewek, menerbangkan pesawat-pesawat kertas ke gedung seberang untuk menarik perhatian si cewek. A lovely short movie, indeed. Filmnya minimalis pake tone hitam putih dan make teknik meander alias percampuran antara animasi tradisional dan CG. Ceritanya juga unyu dan sedikit magical, yah, tipikal film Disney sih. Tapi sweet banget x) baik visual maupun ceritanya, gue suka! Hehehe.


Akhir kata, sesuai kata orang-orang tentang film ini, Wreck-It Ralph memang pantas, eh salah, HARUS ditonton! Terutama buat kamu pecinta film Disney, video game, pun jokes dan yang unyu-unyu. :P

Btw, entah kenapa tokoh Vanellope von Schweetz disini mengingatkan gue akan Agnes di Despicable Me. Mungkin karena sama-sama berambut hitam, ponytail, masih kecil dan lucu, kali ya? :))


No comments: