Friday, December 6, 2013

Kunjungan ke JJS

Seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 1 Desember 2013 (hari Minggu), gue diseret Verol (yang notabene ketua unit kendo) buat jadi tukang dokum grading kendo di Jakarta Japanese School (JJS), Bintaro. Kita (gue dan unit kendo ITB) berangkat dari Bandung jam 5an pagi pake bus. Gradingnya sendiri sampe siang, itu udah plus latian. Sampe Bandung lagi kira-kira Maghrib lah.

Sebelumnya, apa itu grading kendo? Nah, layaknya martial arts lainnya, kendo juga punya yang namanya tingkatan, atau grade, atau rank. Ada yang namanya 'kyuu' sama 'dan'. Di grading kendo yang tiap taun ada beberapa kali ini (cmiiw), kendoka pemula maupun senior mengikuti ujian buat menaikkan grade mereka. Ya, kayak lo ujian buat naik kelas aja lah.

Oke, ini pertama kalinya gue ikut liat grading kendo. Jadi maaf kalo norak.

Gue juga pertama kali liat JJS. Ternyata sekolahnya guedeee banget, bentuknya komplek, yah mirip-mirip JIS gitu, mungkin segede Alpus (?). Soalnya JIS ini mencakup TK, SD, SMP, dan SMA. Kalo grading kendo ini tempatnya di dojo, deket gedung SD. Tapi yang gue liat dojo-nya nggak bener-bener dojo sih, soalnya lebih mirip auditorium sekolah Jepang biasa, dan dipake juga buat olahraga lain kayak basket. Nggak cuma grading, turnamen kendo juga suka diselenggarain disini.

Oh ya, maaf kalo kualitas foto-fotonya kurang bagus, pecah. Selain yang moto kurang ahli, gue ngambilnya juga dari aplotan fb dari yang punya kamera (punya anak kendo 2013) jadi mungkin ukurannya di-compress lagi sama fb atau sama yang punya kamera. Beberapa ada yang gue foto pake hp sih, dan kamera hp gue kurang bagus, jadi ya maaf maaf hehehehe.

manusia-manusia yang mau grading

Gue nggak mau komentar banyak soal grading-nya soalnya gue masih buta soal kendo, hehehe. Jadi mari kita skip dulu bagian ujiannya dan kita lihat bagian menarik yang lain..Yaitu JJS-nya sendiri.

Gue sempet curi-curi keluar dojo buat liat-liat sekolahnya. Mirip-mirip sama yang di Jepang sih, dari layout kelas, adanya rak sepatu, pintu jendelanya, dan lain-lain. Banyak juga orang Jepang berkeliaran (well duh, namanya juga Jakarta JAPANESE School) di sekitar dojo. Ada yang anaknya lagi ikut grading/latian, ada yang anggota basket dan mau make dojo abis kendo kelar, ada yang nonton aja.

lorong di samping dojo. gue nyesel nggak ngedokum dari sini, malah dari tribun.

ada cukilan kayu! apa ya bacaannya?

ini bagian dalem gedung SD-nya, deket banget sama dojo. gede kan?

ruang-ruang kelas SD. lucunya, foto wali kelasnya dipasang di depan tiap pintu kelas. ada yang cakep lho *eh*

bikinan anak-anak SD yang dipasang di depan kelas :)

ruang kelas.. um, bacanya apa yah? :P

rak sepatu. di Jepang, kalo mau ke dalem sekolah mesti lepas sepatu dan ganti sama sepatu khusus.

murid-murid Jepang ini tentunya juga diajarin bahasa Indonesia. kalo ga salah ini ditempel di deket kantin atau koperasi gitu (?). keliatan gak tulisannya?

ini buku tulis sekolah yang dijual, harganya kalo gak salah Rp. 6000an. lucu ya gambar kucing, mauuu >.<






serangga gede-gede banget, dari jepang kah? :'|

nemu ginian di kaca ruang TU (entah TU entah ruang guru). random banget ya haha

ini juga random, ada ultraman di mading :)) bacanya apa sih?

ini dibuat dari susunan tusuk gigi/korek yang diwarnain lho, keren ya!

karangan murid-murid yang dipajang di tembok koridor

nih yang lebih deket deh. tentang apa ya karangannya? :-o

di depan dojo ada kolam renang, asik ya sekolahnya punya kolam renang se-bersih ini ;_; btw itu ada kendoka yang diceburin lol.

Karena keterbatasan waktu (dan keharusan gue untuk nge-dokum di dalem dojo), jadi gue nggak bisa jalan-jalan lebih jauh dan foto lebih banyak hal lain, padahal gue yakin banyak yang menarik hahaha. Btw, pas lagi mondar-mandir deket koridor gedung SD, gue sempet disapa 'konnichiwa' sama entah-ibu-ibu-atau-mbak-mbak Jepang. Gue loading dulu, jadi jawab 'konnichiwa'-nya agak lama hahahaha. Orang Jepang ramah juga ya ternyata.

Anyway, sampai jumpa pada kesempatan berikutnya (kalo gue jadi dokum lagi)~

No comments: