Tuesday, February 26, 2013

Surviving Weekend: Natamorta & Tamagochi

Halo guys! Lagi-lagi gue mau nge-review event daaan kali ini event(s) yang mau gue review adalah Natamorta dan Tamagochi 4: Tsuyu Matsuri!

Natamorta dulu yuk.

Ini dia pameran tahunannya (cmiiw) DKV ITB. Yang ngurusin 3 angkatan, makanya pamerannya gede banget, terbagi juga jadi 3 hari, dari Kamis sampe Sabtu. Tapi gue cuma dateng yang hari Sabtu (23/02) karena di hari itu, bandnya Verol (rhythm guitarist), Jehan (vocalist), Randy (drummist eh drummer), Ricky (bassist), Rahmi (lead guitarist), dan Ezra (keyboardist) yang semuanya dari Genshiken, Felix Shelter, dikasih kesempatan buat manggung ngisi acara selama 30 menit :)

Nah, Natamorta ini berlokasi di Gedung Perusahaan Gas Negara, Braga. Deket Braga Citywalk gitu deh. Dan ternyata isinya nggak cuma pameran, ada semacam talkshow, workshop, dan lomba juga. Cuma waktu hari ketiga emang isinya cuma pameran sama performance. And as expected, karya yang dipamerin keren-keren! Pameran karyanya ada di dua lantai, dan terbagi lagi ke beberapa area sesuai tema Natamorta, hidup dan mati. Gue nggak afal apa-apa aja areanya hehehe. Dan ternyata nggak cuma anak DKV ITB yang pameran, ternyata ada juga dari prodi lain, bahkan DKV universitas lain juga ada, karena diundang sebagai delegasi. Anyway, ini gue kasih beberapa cuplikan karya yang sempat difoto yaa.

(All photos in this post are courtesy of Akhfi.)



yang ini bikinan Tandy

yang ini bikinan Nana



bagus-bagus kan? :D

Dan nggak hanya karyanya yang keren-keren, yang perform hari ini pun kece-kece banget! Yang gue inget ada band dari ITB Jazz, kak Etza Meisyara (iya, anaknya doswal aing), dan pastinya Felix Shelter ;) Felix ngebawain beberapa lagu, antara lain Make It Mine - Jason Mraz, Hadirmu - Maliq & D'Essentials, Terjebak Nostalgia - Raisa, Stay Away - L'arc~en~ciel, dan lagu sendiri yang berjudul Pesonanya. Emang sih mereka terbentuk dari Genshiken yang notabene identik sama jejepangan, tapi lagu-lagu yang mereka bawain justru jarang jejepangannya lho, mostly pop - jazz gitu. Dan meski Felix mungkin bisa dibilang jam terbangnya paling rendah dibanding yang lain yang tampil waktu itu dan ada kekurangan disana-sini, but sure they did a good job!*

*Gue ngomong bukan sebagai manajer bandnya tapi sebagai audiens HEHEHE.

Overall, gue nggak nyesel deh dateng ke Natamorta. Asik bro. Tapi mungkin ada beberapa kekurangan, kayak penempatan karya yang terlalu berdempetan dan kurang maksimal (jadi kadang suka ada yang ke-skip), well mungkin karena karya yang dipamerin banyak dan space terbatas ya. Stand makanan juga untuk ukuran pameran sebesar itu menurut gue kurang, entah kurang variatif, kurang menarik atau kurang banyak hehehe. Yaudahlahya, taun depan gue akan dateng lagi. Good job, IPPDIG! :D

Lanjut ke event kedua, event taunannya Niji, klub jejepangannya SMAN 5 nih, Tamagochi 4: Tsuyu Matsuri!

Sebenernya gue ke acara ini dengan dua motivasi: Felix Shelter tampil juga dan makanannya. Well, bukan matsuri namanya kalo nggak ada makanan Jepangnya, minimal takoyaki. Dan gue jarang-jarang makan gituan kalo nggak ada event hehehe.

Kesan pertama gue ke Tamagochi adalah: kok sepi? Wah ternyata gue yang kepagian, hahaha. Gue dateng jam setengah 10an karena katanya Felix Shelter dapet giliran tampil jam 10. KATANYA. Ternyata diundur jadi agak siangan, yaudahlahya. Oh ya, Felix bisa tampil disini gara-gara lolos audisi sebelumnya. Tamagochi ngambil 3 band terbaik yang nantinya bakal tampil di acara, lalu dipilih lagi juara 1, 2, dan 3nya. Lumayan lho, juara 1 kalo nggak salah dapet IDR 150k hohoho. Lumayan kan~

Makin sore, yang dateng makin banyak. Dan nggak cuma 'orang biasa' aja tentunya, cosplayer bertebaran disana-sini, dari mulai yang medioker sampe yang *maaf* parah. :P lho, emang nggak ada yang bagus? Hihihi, menurut gue sih nggak. Dan mungkin memang udah bukan masanya ya gue dateng ke matsuri tingkat SMA gini, karena gue hampir nggak menikmati sama sekali. 3 meter sekali ada aja cosplayer yang bisa gue tsukkomi. Cuci mata pun aku tak bisa 8( Makanan Jepangnya juga ternyata cuma ada takoyaki, okonomiyaki, hokben yang mahal dan nggak akan gue beli, dan sushi-sushian. Akhirnya gue cuma jajan takoyaki. Yaudahlahya, lo kira ini GJ UI sama Ennichisai yang makanan enaknya melimpah? :))

Back to the main event. Felix dapet giliran terakhir tampil di antara dua band lainnya. Band pertama bahkan sempet bawain Shuraba-nya Tokyo Jihen, tapi sayang, vokalnya kurang bagus (cessi shiina-ringo-minded, red), padahal musiknya udah oke. Band kedua kebalikannya. Musiknya nggak sebagus band pertama, tapi vokalnya bagus. Lalu tibalah giliran Felix Shelter yang ngebawain Konayuki (lagu wajib yang dipilih, gue lupa siapa penyanyi aslinya) dan Stay Away-nya L'arc~en~ciel. Somehow penampilan mereka lebih bagus di Natamorta, dan akhirnya dapet juara tiga. That's okay though, namanya juga masih baru ya hehe (fyi: dua band sebelum mereka udah lebih punya nama). Yang salah-salah dijadiin pelajaran aja. Yang penting lega udah tampil. :)

Oh ya, dan nggak hanya lomba band, di Tamagochi juga ada lomba vocal group dan cosplay. Tapi gue nggak terlalu meratiin karena ya itu tadi, gue nggak menikmati 8')) tapi vocal groupnya lumayan bagus-bagus kok. Setelah Felix tampil dan nunggu lama buat pengumuman pemenang di akhir acara, gue kira anak-anak bakal pulang, ternyata mereka masih nunggu acara puncaknya yaitu performance yang salah satunya oleh idol group lokal bernama L*m*n* Sc*rl*t. Wah ternyata disini banyak wota, pas mereka tampil fans-fansnya langsung berkerubung di depan panggung. Mau nggak mau gue harus ikut nonton dan DAFUQ IS THIS I DON'T EVEN.. Ya gitu lah bayangin aja 4 cewek (yang kayak anak SMP ternyata udah pada kuliah, err), nggak lucu menurut gue, menari-nari sambil lipsync di atas panggung. Mungkin maksudnya karena JKT48 kemahalan, akhirnya ambil yang lokal kali ya. But still, it doesn't even worth to watch, akhirnya belom kelar lagu pertama gue melipir aja ke stand-stand. Trus temen gue ternyata banyak yang suka mereka dan bahkan pengen ngundang mereka ke acara unit kita fffuuuu8472910e1y^$%#$@%(. My disappointment goes to you, comrades. 8"(

Ini gue kasih foto-foto acaranya aja deh biar isinya nggak cercaan gue melulu. Haha.

vocal group

the almighty takoyaki! :9

ini nih band yang bawain Tokyo Jihen

..never mind.

Wah fotonya Felix Shelter yang lagi manggung nggak ada di kamera rupanya, ada di hp tapi males mindahinnya ehehehe.

Overall, seperti yang gue katakan sebelumnya, tanpa bermaksud sombong atau apapun, no offense, gue nggak akan dateng ke matsuri tingkat SMA kalo nggak ada motivasi kuat (baca: band pacar tampil, reuni sama sahabat SMA, dll). Tamagochi nggak jelek kok, tapi ya emang not my cup of tea hehe. Mungkin tahun depan standnya bisa lebih diperkaya lagi kali ya dan hadiah buat juara bandnya digedein. *sembarangan*

Yak, sekian dulu laporan event super subyektif dari gue. Kalo ada event menarik lagi nanti gue ceritain disini. Dadah!!!

No comments: