Wednesday, April 3, 2013

Berbagai Tipe Pose Profile Picture Anak Jaman Sekarang (Part I)

Yak, kali ini gue akan membahas tentang pose-pose foto yang sering digunakan anak jaman sekarang, baik cewek maupun cowok, buat avatar atau profile picture media sosial mereka. Postingan ini lahir dari hasil observasi dan brainstorming gue dengan Verol, jadi mohon maaf atas segala kesubjekivitas, kesotoyan, dan ke-masukkankatasifatdisini-an dalam postingan ini. Jangan dianggep serius pokoknya. Btw, untuk menghindari protes dari berbagai teman pihak, foto yang gue masukkin disini rata-rata adalah foto-foto pribadi gue atau tokoh-tokoh yang masuk ranah publik. Selamat menikmati!

1. Kepala miring ke samping
Biasa dilakukan oleh: cewek pada umumnya dan orang yang abis salah tidur
Ini adalah salah satu pose dasar buat cewek dalam berfoto. Derajat kemiringan bisa berbeda-beda, tergantung selera. Foto sambil memiringkan kepala ini biasanya diikuti dengan kombinasi gaya lain, misalnya mengurai rambutnya ke satu sisi. Nggak tau kenapa ya cewek-cewek pada suka foto sambil miringin kepala. Salah tidur? Nggak juga deh kayaknya. Ada yang bilang sih miringin kepala bikin beberapa model rambut terlihat bagus.. Apalagi kalo rambutnya pendek atau nanggung.

NGGAK GINI JUGA.
Nah gini kan enak liatnya.. (sumber)
2. Pura-pura bete/jutek/manyun/marah/kaget dan sejenisnya.
Biasa dilakukan oleh: cewek (yang merasa) cantik
Ada cewek-cewek yang merasa dirinya bakal tetep cantik/imut atau malah makin cantik/imut walau berpose dengan muka bete, jutek, manyun, marah, kaget, dan sejenisnya. Bagus sih, jadinya foto nggak ngebosenin karena muka yang ditampilkan cukup ekspresif dan si pemilik foto terkesan nggak jaim, apalagi kalo ekspresi yang ditampilkan adalah ekspresi konyol seperti contoh foto di bawah (yap, ngomongin foto ekspresif nggak lengkap tanpa menampilkan Cara Delevingne). Sebagai tambahan, muka jutek juga terkadang dianggap bikin seseorang terlihat badass. Cowok-cowok pun mungkin banyak yang suka cewek (sok) jutek/judes, jadi ya.. Simbiosis mutualisme lah ya. Buat yang jelek sih.. Ehm, sadar diri aja. Tidak dianjurkan berfoto dengan gaya ini.

Model mah bebas, mau lagi ngeden juga kayaknya masih cantik. (sumber)
Mungkin di balik foto cemberut artis Indonesia di Instagram, tersimpan caption "Bete nih komen IG-ku isinya iklan online shop semua >:(" (sumber)
3. Nggak liat kamera
Biasa dilakukan oleh: siapapun
Sebenernya jenis yang ini dibagi lagi jadi dua, yaitu yang sengaja nggak liat kamera sama yang candid. Yang candid sih biasanya gayanya lebih natural, wajar lah ya namanya juga candid. Nah kalo yang sengaja ini.. Mungkin dia merasa cool dengan nggak liat kamera. Atau buat yang sengaja nggak ngeliat kamera tapi muka ngadep ke samping, mungkin dia merasa nggak pede sama mukanya dari depan, entah karena bulet, ada jerawat, mata picek sebelah dsb. Sah-sah aja kok sebenernya main angle. Yang agak ngeselin tuh kalo mukanya ngadep depan tapi mata nggak ke kamera, sok imut gimanaaa gitu. Eniwei, foto merem diitung nggak ya?

Yang ini gue nggak yakin murni candid atau pura-pura nggak liat kamera, tapi kita bisa sepakat 'kan kalo fotonya bagus? :-P
Apa ini?! Sangat tidak natural! Pasti orangnya suka bikin postingan blog jayus ya?!?!

4. Megang alat musik
Biasa dilakukan oleh: anak band, poser(?)
Wah kalo anak band sih nggak usah ditanya, pasti minimal sekali pernah pasang avatar kayak gitu. Dan efeknya emang dahsyat, apalagi kalo orangnya juga cakep, beuhhh pasti langsung di add banyak lawan jenis. Cool banget deh pokoknya. Beda kasus kalo yang masang avatar macam gini adalah orang yang cuma MEGANG alat musik, dalam artian dia emang nggak bisa atau nggak lagi mainin, tapi sengaja minta difoto waktu lagi megang biar keliatan anak band dan cool aja. Huft.

"Dan sesungguhnya merugilah orang-orang yang pandai bermain alat musik namun tidak pernah memasang fotonya (memainkan alat musik)" (An-Naqband : 69) (sumber)
P.S.: Kecrekan tidak dihitung sebagai alat musik. Jadi ini pengecualian ya guys.

5. Foto sama makanan/minuman
Biasa dilakukan oleh: siapapun
Orang-orang yang difoto sambil makan/minum atau cuma sekedar foto sama makanan/minumannya ini motifnya bisa macam-macam. Bisa jadi karena pure ketidaksengajaan, mau pamer makanan/minumannya yang dia anggep mahal/fancy/enak abis, atau keebtulan pose dia yang lagi makan/minum itu keren. Entahlah. Yang jelas sampe detik ini gue belom pernah nemu avatar orang yang lagi makan lotek pinggir jalan.

Wah cantik juga nih, pasti dia pinter nge-blog ya?
Waduh, kalo disandingin sama yang ini sih, foto sebelumnya berasa cuma ampas green tea :-( (sumber)

6. Peace
Biasa dilakukan oleh: anak yang mencoba gaul, alay, otaku, orang Asia Timur
Gaya peace yang dulu sempat diasosiasikan dengan gaya anak alay ini jadi booming lagi thanks to Japanese and Korean Wave. Mempraktekkan gaya peace emang susah-susah gampang, salah-salah bisa dikatain alay apalagi kalo dikombinasikan sama muka manyun, melet, merem, dan lain-lain. Tapi balik lagi ke orangnya masing-masing sih, kalo mukanya mendukung (cakep, Jepang/Korea banget) sih bagus-bagus aja. Oh ya, peace yang kebalik juga diitung lho. Peace kebalik ini biasanya dilakukan oleh anak yang mencoba gaul namun gagal, karena oh karena, peace kebalik ini kalo di luar negeri sama nggak sopannya kayak ngacungin jari tengah. Apalagi kalo peace kebaliknya ditempelin di bawah mulut sambil melet, makna gestur yang ditampilkan malah jadi jorok.

Contoh yang kurang baik. (sumber)
Contoh kongkrit dari "gaya peace alay, tapi balik lagi ke orangnya" (sumber)
7. Muka nggak keliatan
Biasa dilakukan oleh: anak-anak nyeni, anak-anak pemalu, atau anak nyeni yang pemalu
Nggak keliatan disini bisa maksudnya banyak, bisa bener-bener nggak keliatan seluruh muka atau cuma sebagian, yang jelas orangnya masih dia. Bisa gara-gara angle, nunduk, ketutupan rambut, tangan, kain, sensor bikinan sendiri, masker, topeng, topi, kipas, buku, boneka, efek kamera, dan lain-lain, baik yang disengaja maupun nggak. Orang yang avatarnya kayak gini kemungkinan insecure sama muka, punya selera humor, atau malah artsy banget, tergantung gimana ketutupannya.

Not sure if insecure or trying to be artsy.. (sumber)
Bisa juga bikin efek glitchy pake aplikasi biar keren (?) (sumber)
8. Lagi ngerokok
Biasa dilakukan oleh: Perokok (obviously) dan anak-anak alay
Biasanya pose foto ini dibagi lagi jadi dua, yaitu yang lagi megang/ngempit rokok aja atau pas lagi ngeluarin asep rokoknya (ngebul). Pokoknya, judulnya lagi sama-sama ngerokok pake rokok beneran, bukan lagi mainan liquid nitrogen di Ron's Laboratory  ya. Entah kenapa, ada efek cool yang ditimbulkan saat seseorang lagi pose ngerokok. Buat cowok bisa terkesan bad boy atau justru 'mateng', dan buat cewek bisa terkesan seksi dan grunge. Kebulan asapnya yang kadang menutupi muka pun juga menimbulkan efek artsy seperti pada pose nomor 7 sebelumnya. Silahkan pasang foto lagi ngerokok, asal tahu tempat dan nggak di samping tanda bertuliskan "Dilarang Merokok" ya guys. :-(

Asap rokok + efek hitam putih = instant win! btw mas, mau dirokokin nggak?
Untuk cewek yang ingin terlihat seksi dan (agak) misterius.
Apa? Segini nggak cukup?! Tenang, masih ada lanjutannya di postingan part 2 :3

No comments: