Thursday, April 4, 2013

Berbagai Tipe Pose Profile Picture Anak Jaman Sekarang (Part II)

Lanjutan dari post yang ini. Pose-pose foto macam apakah yang sering dijumpai pada profile picture atau avatar sosmed anak-anak jaman sekarang? Sekali lagi, selamat menikmati!

9. Sama pasangan
Biasa dilakukan oleh: siapapun yang udah punya pasangan
Tujuannya? Apalagi kalo bukan pamer. Entah pamer "mesra banget ya gue sama pacar gue!", pamer "pacar gue lebih cakep daripada pacar lo pada", atau "nih gue udah punya pacar! muahahaha!". Oh ya, walaupun disini gue sebutnya pacar, tapi ini berlaku juga lho buat pasangan yang lain contohnya suami - istri, tunangan, HTS-an, TTM-an, bebaaas. Yang pengecualian tuh kalo pasangan main badminton (garing pisan ah si Cessi). Pasang foto sama pasangan sah-sah aja kok, asal siap dikomentarin dan bukan pasang di Tinder, karena ntar siapa yang mau nge-swipe kanan?!?!

Buat pasangan yang sudah tua, masang foto pernikahan atau pre-wedding bisa sekalian jadi ajang nostalgia. Apalagi kalo posenya lucu kayak gini ♥ (sumber)
#lovewins? :-(

10. Ala sosialita dan fashionista
Biasa dilakukan oleh: yang merasa memiliki selera fesyen tinggi dan yang hartanya *uhuk* nggak dikit (baca: kaya) *uhuk*
Orang-orang dalam kategori kayak gini biasanya menonjolkan avatar semacam berikut; foto lagi di tempat-tempat elit nan fancy kayak contohnya pas lagi liburan di luar negeri (ditambah bawa properti kantong belanjaan dari merk terkenal lebih bagus lagi), galeri seni (padahal belom tentu karya-karyanya diapresiasi, hiks), rooftop restoran, hotel, night club, foto depan mobil atau motor (terutama yang mahal, padahal belom tentu punya dia), foto ala model full badan dengan baju dan aksesoris serba branded, foto lagi main golf atau bilyar, dan lain sebagainya. Ada sih yang emang gayanya keren dan tempatnya cocok, tapi ada juga yang maksa, contohnya ini.

Ngomongin tipe foto ini nggak afdol rasanya kalo nggak ngebahas Princess Sosialita kesayangan kita semua. (sumber)
Untuk lokasi foto #OOTD, kayaknya belom ada yang ngalahin pamor Galeri Nasional, IKEA, sama tangga Dia.Lo.Gue ya.. (sumber)
11. Ala travelers dan adventurers
Biasa dilakukan oleh: orang-orang berjiwa petualang, orang-orang biasa yang kebetulan punya budget lebih dan kendaraan buat jalan-jalan
Layaknya anak band dengan fotonya yang lagi main alat musik, kita semua—baik yang emang sering jalan-jalan dan berpetualang ataupun nggak—pasti minimal pernah sekali masang foto lagi di alam dengan pemandangan bagus entah itu gunung, bukit, pantai, danau, sungai, bawah laut, atau gurun pasir sekalipun (belom pernah liat sih..). Banyak yang suka masang foto gini karena sang pemilik foto biasanya diasosiasikan dengan orang yang asik, sporty, dan mobilitasnya tinggi. Apalagi jaman sekarang banyak tempat-tempat bagus yang nggak jauh dan nggak susah dicapai kayak Tebing Instagram Keraton dan Kawah Putih, foto ala travelers dan adventurers pun jadi lebih mudah. Buat orang-orang yang lebih niat lagi sih biasanya make GoPro trus di tempat-tempat eksotis yang belom banyak terjamah orang. Bebas sih, asal nggak foto sambil megang kertas nggak jelas di atas gunung trus nyampah aja.

Jangan lupa hestek #livefolk #liveauthentic #exploreIndonesia #exploreDerawan (sumber)
Wah keren banget dimanHAH NGGAK DEH MAKASIH. (sumber)

12. Pake atribut afiliasi
Biasa dilakukan oleh: cowok, fans bola, mahasiswa yang baru dapet atribut himpunan/organisasi/kepanitiaan tertentu
Maksudnya? Nah, biasanya ada orang-orang yang sense of belongingnya kuat ke afiliasi tertentu dan suka pasang avatar yang memperlihatkan atribut afiliasinya ini. Misalnya anak himpunan atau aktivis kampus, ya avatarnya pake jahim atau jaket almamater. Berlaku juga buat yang fotonya lagi kampanye apapun, lagi acara dan pake atribut kepanitiaan, pake seragam sekolah/kampus/profesi, pake atribut kelas/angkatan/OSIS/unit kemahasiswaan/himpunan/BEM, pake jersey klub kesayangan, pake atribut band/idol yang digilai, dan lain sebagainya. Pemakaian atribut ini sering disertai dengan pose lipat tangan di dada (buat cowok), diambil saat lagi nobar/orasi/acara/ekskursi/semacamnya, dan bareng teman-teman se-afiliasi. Nggak selalu buat keren-kerenan atau arogansi juga sih, lebih buat menunjukkan kecintaan atau euforia biasanya.

Apakah suka beneran atau hanya fans karbitan? Wallahualam.
Khusus anak ITB, kayaknya belom afdol kalo belom foto studio rame-rame gini sambil pake jaket himpunan/unit

13. Anonim
Biasa dilakukan oleh: orang-orang insecure yang nggak suka difoto (atau memang belom punya foto sendiri), otaku, fangirl/fanboy, orang lagi promosi/kampanye, orang dengan selera humor
Sesuai namanya, foto yang dipake buat avatar bukanlah foto orangnya asli, seringkali disertai dengan nama akun yang bukan nama asli dia juga. Foto yang digunakan bisa jadi gambar kartun atau anime, gambar bikinan sendiri, foto artis, tulisan, logo atau simbol, benda kesayangan, hewan peliharaan, macem-macem deh, yang jelas bukan muka dia. Lho, berarti bukan termasuk pose foto dong?! Iya, tapi berhubung tipe ini sering banget ada di sosmed, jadi nggak ada salahnya dibahas juga 'kan :))

Sasuke Uchiha ternyata kuliah di UNPAS Bandung?!
Part time student, part time detective? Dan lagi-lagi, ternyata Conan asal Bandung?!

14. Lagi ngefoto(?)
Biasa dilakukan oleh: fotografer, yang hobi fotografi, poser
..Oke ini paradoks. Intinya di foto avatar orangnya lagi megang kamera, entah beneran lagi motret atau cuma megang doang biar gaya. Kameranya biasanya sih kalo nggak DSLR ya SLR, jarang banget yang pake polaroid, hp (alay doang kayaknya), apalagi tablet. Jenis pose yang ditampilkan entah ceritanya lagi bidik, lagi sok-sok liat hasil foto, atau lagi megang aja. Buat si subjek foto, pose kayak gini bisa menimbulkan kesan profesional (halah) dan penyuka seni, padahal belom tentu.

Lha mbak, emang bisa foto pake kamera sekecil itu???? (sumber)
Cowok ganteng + pose lagi foto + kamera klasik + efek item putih = 10/10. (sumber)

15. Foto kayak komik strip
Biasa dilakukan oleh: cewek
Sebutan itu gue kutip dari kata-katanya @JukiHoki, kurang lebih: "cewek jaman sekarang fotonya kayak komik strip", maksudnya satu satu foto isinya kolase dari foto :)) Yak, model foto begini semakin banyak, thanks to webcam dan berbagai aplikasi ngedit instan. Beberapa ada yang nyoba se-kreatif dan se-ekspresif mungkin (menerapkan tipe pose no. 2), tapi dalam kebanyakan kasus sih ekspresinya nggak jauh beda satu sama lain, malah ada yang bener-bener sama semua fotonya cuma dijadiin beberapa frame aja, atau parahnya lagi: fotonya sama semua, cuma di rotate pada sudut yang berbeda-beda (yang mengingatkan gue pada lambang swastika, LOL). Semua ini balik lagi ke pemikiran cewek yang setelah selfie ratusan kali malah bingung sendiri milih mana foto yang mau di-post. Aduh, nggak mungkin 'kan guweh nge-post selfie beberapa kali lagi di tempat dan waktu yang sama, nanti dikira nggak punya stok foto dong?!?! Jalan keluarnya? Ya di-kolase.

*ikutan pusing liatnya* (sumber)
 Cowok juga ada yang make toh?!?! (sumber)

14. Foto masa kecil
Biasa dilakukan oleh: siapapun (yang merasa waktu kecilnya lucu)
Apakah sekarang dia begitu jelek sehingga harus memasang fotonya waktu kecil? Atau hanya ingin mengenang, menunjukkan betapa lucunya ia semasa dulu? Wallahualam.
gue sebelom banyak dosa, tapi kenapa banyak yang ga percaya ini gue?!

coba kalo kayak gini, masih pada mau masang nggak lo?!

15. Normal
Biasa dilakukan oleh: cowok, cewek juga ada tapi nggak sebanyak cowok
Pose normal itu wajahnya ngadep ke depan (kamera), bisa sambil berdiri, duduk, senyum, nyengir, melipat tangan di dada, muka agak diangkat (dua ini yang paling sering di foto-foto cowok), tangan di pinggang, tangan di posisi normal (kayak lagi posisi siap dalam baris berbaris), tangan di pangkuan, megang tas, background normal (dalam artian bukan di luar negeri, di rumah misalnya), bisa sebadan, setengah badan, kepala doang, dll. Relatif nggak sih? Yah pokoknya gitu deh, normal-normal aja kayak mau foto KTP. Avatar semacam ini biasa banget dan mungkin nggak terlalu menarik perhatian dibanding tipe-tipe foto sebelumnya, yang fotonya kayak gini orangnya antara suka main aman atau nggak macem-macem. *sotoy*

sebenernya nggak foto ktp juga sik..

waduh kalo yang kayak gini sih lain cerita..


Sip, kira-kira itulah 15 tipe pose foto buat avatar/profpic/display picture anak jaman sekarang yang paling sering ditemui. Sebenernya masih banyak sih yang lain, tapi yaudahlah, kalo mau ngoreksi atau nambahin langsung komen aja ya huehuehue. Nah, foto lo termasuk yang mana nih? :))

2 comments:

Karina Muriko said...

ces...................NGAAAAAQQAAAAAAAAAAAAAQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQQ

Cessi said...

HEHEHE lo tipe yang mana nih mur