Tuesday, April 23, 2013

Hati-Hati Kena Tipu

Entah kenapa belakangan ini news feed Facebook penuh sama berita-berita yang kredibilitasnya dipertanyakan. Kebanyakan sih berita berunsur penipuan dan kriminalitas lainnya, kayak contohnya yang gue inget itu isu para 'manusia silver' di Bandung yang ternyata nggak hanya meminta-minta tapi juga kedapetan mencuri dompet dan hape (lengkap dengan foto candid dari atas para manusia silver yang lagi ngitung hasil minta-minta, dompet dan hp yang mereka dapet), isu polisi yang nyetopin pengendara motor buat 'iseng' nyisipin narkoba dan nuduh si pengendara motor, isu makanan ini itu yang ternyata bahannya berbahaya/nggak layak lah, dan lain sebagainya. Nggak tau hoax apa bukan. Gue sih nggak 100% percaya mentah-mentah sama berita-berita yang ada di (apalagi) media elektronik; jejaring sosial bebas kayak Facebook yang notabene semua orang bisa sembarangan ngepost, apalagi kalo sumbernya nggak jelas dan isinya agak nggak masuk akal. Tapi yah, dijadikan peringatan aja kali ya biar lebih berhati-hati.

Ngomong-ngomong soal isu, di kampus gue cukup banyak isu penipuan yang beredar. Dari dulu sih gue udah diwanti-wanti sama orangtua buat nggak asal ikutan kegiatan keagamaan yang mencurigakan karena takutnya malah perekrutran buat sekte sesat atau organisasi terorisme (katanya sepupu ada yang nyaris kena), apalagi di ITB katanya kuat yang begituan, mahasiswa itu sasaran empuk. Lalu ada lagi penipuan dengan modus 'sakit-nggak-ada-duit-buat-pengobatan' yang dipost seseorang di Facebook, dan yang ini beneran soalnya senior yang gue kenal cerita dulu pernah kena langsung, ngasih lagi beberapa ratus ribu. Seinget gue (postingannya udah lama, jadi lupa-lupa inget) ada ibu-ibu gitu, dia bakal ngedeketin mahasiswa di areal sekitar kampus dan cerita kalo dia butuh duit buat operasi anaknya yang harus dilunasin besok, karena operasinya juga besok, kalo nggak ya anaknya nggak bisa dioperasi. Ibu-ibu ini bakal nanya korban dulu agamanya apa, lalu ngaku kalo dia sempet dijanjiin bakal didanain sama lembaga keagamaan si korban tapi sampe sekarang nihil. Duh gue lupa gimana aja detilnya, maaf kalo ada yang salah, intinya doi ngebacot butuh duit buat operasi anaknya yang sampe jutaan rupiah. Jelas ini penipuan soalnya korbannya udah banyak di kampus gue, modusnya sama persis. Lagian kalo dicek ke rumah sakit atau lembaga yang bersangkutan juga pasti nggak ada apa yang dibilang ibu tersebut.

kalo yang ini termasuk penipuan juga nggak?

Nah itu baru satu, mungkin ada banyak yang lain, tapi gue kurang tau, gue sih belom pernah kena, kalopun ada yang minta-minta sambil ngebacot gitu pun gue nggak akan kasih, mau beneran atau nggak (nggak peduli sama pelit beda tipis ya HAHA). Sampe akhirnya Minggu malem kemaren, gue ketemu satu.

Malem itu, gue lupa jam berapa, ceritanya gue sama Verol mau makan di warung Sedap Malam depan parkiran SR abis gawe dekor di sekre. Baruuu aja keluar dari parkiran SR mau belok ke Sedap Malam, tiba-tiba ada yang manggil. 'dek!' gitu. Ternyata seorang ibu-ibu paruh baya, agak gendut, rambutnya agak keriting dikuncir, matanya sipit, bawa tote bag gede. Kita pun berhenti sejenak, awalnya gue pikir, ah paling mau nanya jalan. Soalnya depan parkiran SR emang suka banyak orang luar nanya jalan. Tapi ternyata nggak. Tanpa basa-basi, ibu itu ujug-ujug langsung cerita kalo dia lagi sakit dan butuh uang buat biaya pengobatan di Borromeus. Gue nggak sepenuhnya merhatiin cerita dia, tapi berikut ini adalah potongan cerita yang gue inget: dia sakit paru-paru, soalnya di sekitar dia banyak yang ngerokok. Dia dulu guru. Dia udah nggak punya keluarga satupun, orang nemuin dia pingsan di jalan, malah yang didenger Verol dia ngaku amnesia (yang ini udah mulai ngaco banget). Dia dari Cimahi (ini kata Verol juga). Dan masih banyak lagi. Lalu dia nawarin gue sama verol dua bungkus snack dan sampo P*ntene berukuran gede yang katanya cuma itu yang dia punya dan pengen dia jual. Tadinya gue nggak mau beli, atau beli 1 snacknya aja, tapi akhirnya si Verol beli kedua snacknya karena jujur aja sih barang-barang itu dia jual dengan harga yang nggak jauh beda dari yang di pasaran, paling bedanya nggak sampe 2000 rupiah. Lagian anak dekor butuh snack juga hehehe. Tapi gue asumsiin sih barang-barang itu dia dapetin gratis, soalnya nggak mungkin kalo butuh biaya banyak dia jual dengan keuntungan dikit banget, apalagi kata Verol masa expired snacknya nggak sampe setaun lagi.

Oh ya, waktu lagi dengerin ibu itu cerita, temen gue Daus dateng dari sekre trus nimbrung gitu, nanya-nanya segala macem. Abis ibunya pergi dan kita udah di warung Sedap Malam, si Daus baru cerita kalo jaman TPB dia pernah ditipu sama ibu yang sama di Gramedia seberang BIP. Orangnya sama persis, Daus masih inget katanya, cuma mungkin si ibunya yang lupa sama Daus atau pura-pura lupa :)) tapi bedanya, waktu itu ibu itu nggak jual apa-apa, jadi minta duit aja gitu. Ya nggak dikasih lah.

Logika aja lah, jarang banget ada orang yang butuh duit banyak beneran tapi mintanya ke mahasiswa yang nggak dikenal, di film-film aja nggak ada kok :)) Pelajar, walaupun sama-sama gampang ditipu, tapi kemungkinan belum punya uang dan kepedulian sebanyak mahasiswa, makanya orang-orang itu mintanya ke mahasiswa. Mungkin yaaaa. Yang jelas gue nggak pernah tuh mau ngasih orang yang minta uang (baik yang disiratkan secara halus, secara terang-terangan, dan lain-lain) yang pake cerita-cerita sedih dulu, apalagi kalo butuhnya banyak. Kalo mau duit ya sekalian aja minta-minta biasa.

Yak, sekian cerita dari gue. Ini pelajaran aja biar ke depannya berhati-hati dan semoga nggak ada lagi yang jadi korban penipuan semacam ini. Kalo ketemu penipu dan doi mulai cerita, bilang aja lagi buru-buru atau emang jujur nggak bisa ngasih. Atau kalo kata si Daus, rekam aja pake kamera, bilang ke ibunya "saya cuma bisa bantu ini bu, mau saya sebarin videonya biar banyak yang bantu" :))

kalo penipuan via sms sih enaknya diginiin aja kali ya.. (fyi itu yang nulis si Verol)

No comments: