Tuesday, January 15, 2013

Selamat Tinggal 2012 dan Semester 3

Yak gue tau ini telat, telat banget malah, tapi yasudahlah–selamat tahun baru!

Biasanya abis taun baru gue bakal ngereview resolusi taun kemaren, bikin resolusi baru atau bikin kaleidoskop. Tapi dikarenakan minimnya sarana prasarana selama gue menghabiskan liburan semester di Jakarta (laptop ditinggal di Bandung dan ini baru balik), maka mood gue untuk menulis semua itu udah menguap duluan, dan jadilah gue mood untuk menulis sesuatu yang lain: review kuliah semester 3. Yup, kali-kali ‘kan ada yang ngepo tentang matkul yang gue ambil. :3

Nah, semester 3 yang notabene gue udah masuk jurusan (Seni Grafis ini) tentunya beda banget sama masa TPB. Bedanya apa? Well, entah ini hanya berlaku untuk jurusan gue apa gimana, yang jelas setelah gue masuk jurusan, semuanya jadi jauh lebih santai. Oke to the point aja, here’s the classes I took for the third term, dimulai dari kuliah yang isinya praktek/studio dulu ya.

Seni Grafis I
Segabut-gabutnya dan sesantai-santainya suatu matkul, sejauh ini Seni Grafis I adalah yang paling gabut dan santai. Bahkan ada kalanya gue dateng cuma buat absen (itupun kalo ada, soalnya lebih sering nggak adanya) terus cabut, entah main-main di Gedung nengokin jurusan lain atau langsung ke sekre unit. Awal-awal gue masih rajin, tapi makin ke belakang gue makin siang masuknya dan malah kalo udah kelewat siang (contoh: kelas ini resminya sih jam 9 tapi gue baru dateng jam 12), gue jadi males dan malah main ke sekre (trus ngapain lo ke kampus, Ces?!). Jangan ditiru ya adik-adik. Tapi ada kalanya nggak gabut kok, kalo pak Tisna Sanjaya dateng, biasanya disuruh bikin drawing di kertas gede pake tinta cina, bebas mau gambar apa juga. Tapi kalo udah kelar, per anak satu-satu bakal disuruh ngejelasin tentang gambar yang dia buat, kayak maknanya atau kenapa dia gambar itu. Di lain waktu, Pak Tisna juga suka nge-review hasil grafis anak-anak satu-satu kalo udah pada selesai semua. Seringnya sih Pak Tisna dateng di awal dan di akhir tugas, kalo di tengah-tengah ya buat sesi drawing tadi aja. Ada juga Kang Roim dan seorang-asdos-yang-jujur-gue-lupa-nama-tapi-afal-muka yang suka ngajarin anak-anak untuk soal teknis. Oh ya, di Seni Grafis I ini tugasnya dikiiiiit banget, semester ini cuma dua malah, cukil kayu biasa sama cukil kayu pake warna, yang masing-masing seenggaknya terdiri dari 6 edisi. Bikinnya sih sebenernya nggak lama-lama amat, yang bikin lama itu ngumpulin niat dan prokrasnya proses bikin cetakannya (nyukil), sama bikin tetek bengeknya (motongin kertas buat yang bakal dicetak, post partu (gatau gue tulisannya gimana)). Nyetaknya sendiri sih sejam harusnya bisa kelar kalo cuma sendirian, karena alat nyetaknya cuma satu di ruang Grafis atas, itupun kalo lagi nggak dipake senior. Sebenernya lebih enak bareng temen ganti-gantian sih, soalnya bersihin tinta segala macemnya jadi lebih ringan karena bareng-bareng, dan kalo cetak warna ya warna tintanya bisa nebeng temen nggak bikin baru :P ya pokoknya begitulah. Nggak ada kesulitan berarti buat matkul studio yang satu ini, kecuali UASnya yang mengharuskan gue untuk berpameran. :’)

contoh hasil cukil kayu non warna. masih cupu banget

Teknik Kertas Seni
Sebenernya gue ngambil matkul ini bukan gara-gara emang tertarik, tapi gara-gara bingung mau ngambil apalagi karena sks wajib gue dikit banget dan gue perlu ngabis-ngabisin sks. Selain itu temen-temen Seni Murni banyak yang ngambil, senior juga ngerekomendasiin, ilmunya bakal kepake soalnya, katanya. Teknik Kertas Seni intinya adalah membuat semacam kertas daur ulang yang disebut kertas seni kayak yang dijual di toko buku atau toko pernak-pernik kado, tau nggak? Itu lho yang teksturnya agak kasar, warna-warni dan berserat. Nah kertas seni ini bisa dibuat dari kertas aja (hvs, concord, padalarang dll) atau ditambah serat-serat alam kayak merang, jerami, padi dll. Jangan khawatir karena kita bakal diajarin dan ditunjukkin langsung cara bikinnya dari 0 sama sang dosen, pak Muksin. Matkul ini juga nyantai, nggak ada tugas sama sekali kecuali tugas akhir. Tugas akhirnya satu, kita disuruh bikin suatu karya dari kertas seni yang udah kita bikin. Tentunya pake asistensi. Contohnya gue bikin buku cerita (yang banyak melenceng dari konsep awal), yang lain ada yang bikin karya grafis di atas kertas seninya, eek boongan pake campuran serat rumput-rumputan yang beneran bau, kartu pos, pajangan berbentuk tanaman dari kertas seni, kap lampu, dan lain-lain. Ada juga tugas tambahan yaitu bikin 5 lembar kertas seni dari kertas aja dan 5 lembar dari serat alami. Berhubung gue prokras parah, akhirnya semua tugas itu gue bikin H-2 pengumpulan tugas itupun di kosan temen gue (thanks a lot Qonita!!) karena lengkap perlengkapannya, dari screen, papan penjemur, kain, lap, sampe ember. Untung kertasnya kering tepat waktu. Emang lebih bagus kalo punya perlengkapan sendiri, jadi bisa bikin sendiri di kosan nggak ngantri atau ribet sendiri nyetak di kampus. Dan punya blender sendiri adalah nilai plus. Anehnya, walau gue ngumpulin tugas akhir seadanya bahkan nggak ngumpulin yang dari serat alam karena udah kepepet (baca: males nyari seratnya), gue masih dapet nilai B. Wah enak ya? Dan fyi, yang ngambil matkul ini nggak cuma anak FSRD lho, kemaren ada senior unit gue anak Teknik Lingkungan yang ngambil juga.

Gambar III
Ini adalah lanjutan dari matkul Gamtuk-nya TPB. Dan kegiatannya tentu saja masih sama, yaitu drawing. Tapi Gambar III lebih spesifik karena disini mempelajari berbagai jenis gaya dan pendekatan drawing seperti ekspresionis, simbolis, dan lain-lain. Durasi kuliahnya sih cuma dua jam, tapi biasanya untuk satu drawing dikasih waktu dua kali pertemuan, jadi total empat jam. Yang digambar juga simpel aja dan udah pernah digambar waktu TPB, kayak benda-benda semacam botol, kerangka manusia boongan, kain, mesin pintal, sepatu, sampe mamang-mamang becak topless ala TPB dulu. Tentu aja, objek-objek tersebut digambar dengan gaya atau pendekatan yang sudah ditentukan. Gue sih enjoy-enjoy aja karena toh gue suka gamtuk, nyantai deh kuliahnya, asal gambarnya kelar. Tapi gue sempet bosen waktu disuruh gambar mamang-mamang becak topless kayak waktu TPB sampe beberapa kali pertemuan, saking bosennya gue akhirnya bolos yang lalu membuahkan nilai T di kolom nilai Gambar III gue karena nggak ngerjain. Sial.

kayak gini nih, gue berusaha mengombinasikan tengkorak, tanduk rusa dan botol kaca yang udah disediain. nggak tau deh maknanya apa XD

Nah, sekarang ke matkul teori ya! :3

Estetika
Bisa dibilang, Es Teh Tiga eh Estetika adalah matkul yang materinya paling asik diantara 4 matkul teori yang gue ambil. Kuliahnya juga sih sebenernya, kalo aja nggak jam 7 pagi. Estetika ini ngebahas tentang fungsi-fungsi seni, apa daya tarik suatu karya seni, yah pokoknya yang berkaitan dengan nilai estetis suatu karya seni. Cocok banget nih matkul buat yang pengen jadi kurator. Dan nilai plusnya, selain dosennya asik juga baik dan ada Kak Rizky asdos gamtuk semasa TPB dulu yang wawasannya luas dan kalo ngajar nggak textbook-textbook amat, lewat kuliah ini kita juga bisa kenal banyak karya seni (mostly lukisan) terkenal dari berbagai belahan dunia, juga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya (tsah bahasa gua) yang bikin karya tersebut menarik. Penasaran kenapa Campbell’s Soup-nya Andy Warhol atau Monalisa-nya Leonardo Da Vinci bisa begitu terkenal dan bernilai tinggi? Nah ikut aja matkul ini. Tapi berhubung kuliah jam 7 which is masih jam tidur gue, gue pun sering tidur bahkan bolos di kuliah ini. Maaf ya bu, kak uhuhuhu.

Seni Rupa Asia
Nah ini matkul yang menjadi momok di kalangan anak Seni Murni gara-gara dosennya. Dosen yang ngajar emang terkenal keras dan tegas, senior pun udah ngewanti-wanti. Terbukti, temen gue udah banyak yang kena bahkan seangkatan pun pernah kena. Sama dosen yang ini, kalo telat kelewatan absen panggil, yaudah kelar nggak bakal diabsen lagi. Dan kalo udah lewat tiga kali nggak masuk, biasanya bakal diumumin duluan, sampai jumpa taun depan alias langsung nggak lulus. Wah, strict banget ya. Tapi diem-diem ternyata ibu dosen ini baik, gue yang udah pasrah dapet C aja tau-tau dapet A. Nggak tau darimana, dari langit mungkin. Emang sih tugas selalu ngerjain, tapi ya cuma sekapasitas otak gue. Ujian juga gitu, gue kerjain seadanya bahkan ngarang bebas juga pernah saking nggak ngertinya. Oh ya perlu diketahui bahwa kuliah teori di SR ini SEMUA ujiannya udah pasti esai dan bener-bener harus paham materinya buat bisa jawab. Materinya tentu nggak satu dua lembar tapi berpuluh-puluh halaman PDF. Dan gue merasa seperti kembali ke SMA karena nyerempet-nyerempet pelajaran IPS yaitu sejarah, bedanya ini lebih spesifik ke seni. Bayangin aja kita disuruh belajar tentang perkembangan Seni di India, Cina dan Jepang dari mulai awal banget sampe zaman modern (sekarang), yang dirangkum jadi dua kali ujian. Kebayang kan banyaknya kayak apa? Untung dapet bagus ehehehe.

Sejarah Kebudayaan
Abis SR Asia, terbitlah Sejarah Kebudayaan. Iya, masih ngomongin soal sejarah, bedanya ini lebih mirip kayak sejarah waktu sekolah dulu dibanding SR Asia, plus ngebahas kebudayaan, jadi mirip campuran antara pelajaran sejarah sama sosiologi bagian antropologi manusia dan budaya suku-suku di Indonesia. Sayang gue nggak pernah suka sama dua pelajaran tersebut sehingga matkul ini gue habiskan dengan 1. Nahan ngantuk atau 2. Tidur wkwkwk :P oh ya dosen matkul ini spesial karen ada dua, yang satu kalo ngajar seriiiing banget ngedip dan bikin ngantuk karena ngomongnya pelan kayak ngomong sendiri/menggumam, yang satu lagi mending, kadang suka ngelawak dan ternyata diam-diam penggemar tokusatsu/sentai/anime lama sampe hobi ngoleksi figur (hasil kepo). Gue pernah ditegur dosen yang kedua gara-gara tugas yang gue kumpulin ada bekas-bekas lipatan gara-gara ketekuk-tekuk di dalem tas dan katanya kalo gue jadi cewek nggak rapi gitu gue bisa nggak dapet jodohMAAF PAK NGGAK LAGI DEH KAYAK GITU PAK SAYA BAKAL DAPET JODOH KAN PAK? PAK? PAK??

Kewarganegaraan
..Ahem. Oke kampus gue ini lucu karena selain olahraga, bahasa indonesia dan bahasa inggris, rupanya mahasiswanya juga masih dapet pelajaran pkn dan agama, yang keduanya bebas diambil kapanpun setelah lulus TPB dan merupakan mata kuliah pilihan yang wajib diambil sebelum lulus. Beruntungnya, gue ketendang ke kelas bu Prima Roza dari kelas sebelumnya yang udah over quota (dan gue beserta temen-temen gue termasuk kelompok minoritas di kelas tersebut). Bu Prima Roza ini paling top diantara dosen KWN, terutama buat yang pengen ngambil ilmunya. Kuliahnya terdiri dari dua sesi, pertama kuliah biasa alias si dosen nerangin materi dan nayangin slide-slide yang suka bikin deg-degan karena bu Prima suka ngelempar pertanyaan ke mahasiswanya secara random dan sesi presentasi per kelompok dengan topik bebas, selama tentang isu-isu hangat di Indonesia yang berhubungan dengan politik atau KWN. Di presentasi ini kita dituntut aktif buat diskusi dan ngadain sesi tanya jawab (jangan kayak gue, pasif). Untuk tugas nggak ada yang berat, ujian pun esai tapi rata-rata semuanya bisa kejawab dengan baik (thanks to bu Prima yang kadang suka ngasih spoiler, Ezra yang dosennya sama dan suka ngasih full spoiler karena ujian duluan, juga nyokap gue yang sebelum ujian berbaik hati bantu ngejawab pertanyaan ujian full spoiler pemberian Ezra :P). Kata temen yang denger dari seniornya yang dulu diajar bu Prima, bu Prima ini kalo ngasih nilai minimal B, tapi kata Ezra sih denger-denger susah ngasih A. But we nailed it! Gue sama Ezra sama-sama dapet A! Good teamwork! Mwahahahaha. *sekali lagi, jangan ditiru ya adik-adik!*

Udah semua tuh, kurang lebih itu yang bisa gue sampaikan tentang matkul-matkul gue selama semester 3 ini. Overall nggak ada yang bikin stress sampe kurang tidur banget kayak masa TPB sih, tugasnya nggak ada yang bener-bener berat kecuali Teknik Kertas Seni yang gue capek dan buru-buru ngerjainnya karena mepet waktu pengumpulan atau Seni Grafis I yang kadang bikin capek nyukilnya. Paling ujian matkul teorinya yang perlu effort ekstra, walau toh pada akhirnya gue cuma baca slide atau PDF seadanya dengan Sistem Kebut Semalam. Pokoknya nyantai lah, bahkan weekdays dan disaat jurusan dan fakultas lain lagi hectic-hecticnya nugas, gue masih bisa main dan haha-hihi, sampe-sampe temen fakultas lain ada yang ngejulukin gue mager gara-gara kerjaannya hampir tiap hari dari siang (kuliah gue rata-rata kelar siang) main laptop doang di sekre sampe malem. Temen gue anak DP (Desain Produk) juga ada yang bilang gue sering banget beredar, paling sering keliatan di kampus/gedung karena emang kuliah studio gue yang nyantai dan kadang gue suka main ke kelas DP sih kalo sama-sama lagi kosong haha.

Pokoknya ambil hikmah dan pengetahuannya aja, jangan ditiru cara kuliah guenya. Oke oke? Doain aja semester 4 bisa lebih sukses dari semester 3 hehehe. Dan untuk resolusi atau kaleidoskop 2012-2013 sih.. Hmm.. Kapan-kapan aja yah, kalo moodnya muncul lagi. :P

2 comments:

Mentari said...

uuuugh sangat bermanafaat kak Cess XD

Cessi said...

Wah Ai punya blog toh. Haha, baguslah kalo bermanfaat :P