Wednesday, June 12, 2013

Menuju Tahun Ketiga?!

Yak seperti yang biasa gue lakukan tiap akhir semester, gue akan me-review matkul-matkul yang sudah gue ambil semester ini :3

Dan inilah matkul-matkul gue pada semester 4 lalu.

1. Seni Grafis II
Semester kemaren studio gabut? Nah, di semester ini studio lebih gabut lagi. Bahkan saking gabutnya sampe-sampe berapa kali gue ke studio bisa dihitung dengan jari, bahkan nggak nyetak sama sekali (jangan ditiru ya adik-adik). Masih sama kok, mahasiswa disuruh eksplor teknik kayak semester lalu, cuma sekarang mulai masuk ke drypoint dan etsa. Tapi kadang suka ada dosen tamu (yang ngajar teori dan bikin gue ngantuk) dan menjelang akhir semester tau-tau ada asdos. Dan tidak lupa, kita disuruh pameran. LAGI. Buat UAS. UTS sih seinget gue ujian esai teori gitu, gampang kok tapi. Btw, nilai studio gue masih T gara-gara belom ngumpulin karya pameran :P inilah akibatnya kalo males, asistensi pameran telat, bikinnya telat, tapi alhamdulillah jadinya nggak telat karena kebetulan karya yang mau gue bikin dikit. Pada dateng ke pameran gue ya! *loh jadi promosi* buat detail ini link eventnya. Foto menyusul ya guys :3

2. Psikologi Seni
Kalo lo bertanya-tanya mata kuliah apa yang paling sering gue skip, jawabannya simpel: matkul apapun yang mulainya jam 7 pagi. Dan PsikoSen ini salah satunya. Untung bisa titip absen. Padahal gue suka lho kuliahnya, gabungin psikologi, seni, teori kreativitas (mirip KreHu) gitu-gitu, tapi sayangnya mata gue nggak sepakat. Hobi tidur kemaleman sih. Tapi alhamdulillah matkulnya nggak susah-susah amat, jadi belajar via slide pun sebenernya bisa. Kuliah ini menarik deh pokoknya, tapi sayangnya ya itu tadi, kenapa harus jam 7 pagi huhuhu. Oh ya, PsikoSen ini mata kuliah pilihan.

3. Metodologi Penciptaan Seni
Sebenernya banyak materi matkul ini yang mirip-mirip sama PsikoSen, mungkin karena yang ngajar dosennya sama juga. Tapi di MetoSen ini lebih menitikberatkan seputar proses kreatif, termasuk proses kreatif kita sendiri. Sama kayak PsikoSen, kuliahnya juga asik kok, cuma yang ini matkul wajib. Kalo ngambil mata kuliah yang diajar bu Irma kayak PsikoSen atau MetoSen, siap-siap aja ngerjain banyak tugas paper atau makalah. Asal rajin ngerjain sih, insya Allah nilainya bakal aman.

4. Agama dan Etika Islam
Nah, kayak PKn, Agama ini matkul yang wajib diambil tapi bebas mau semester berapa. Gue ngambil semester ini karena matkul wajib gue dikit banget banget bangeeeet. Itu aja 18 sks udah mentok nggak tau mau ngambil apa lagi, padahal tadinya 20 sks, eh tau-tau matkul pilihan yang 2 sks cuma bisa diambil 2010 keatas jadinya prs deh huft. Balik lagi ke agama. Gue dapet dosen cewek, dan lumayan strict karena kalo telat lewat 15 menit nggak dibolehin masuk sama sekali T_T untung nggak pernah ngalamin haha. Absennya juga absen gilir, jadi bisa curang sebenernya. Kelas agama ini awal-awal isinya dosen ngasih slide-nerangin-nyatet-kelar, gitu-gitu, tapi menjelang pertengahan akhir ada presentasi kelompok gitu plus sesi tanya jawab, tiap minggu satu kelompok. Oh ya, mulai taun gue juga ada yang namanya ITB Spiritual Camp, wajib, kayak pesantren kilat gitu. Ada mentoring juga tiap minggu, tapi nggak ngaruh kayaknya sama nilai. Awalnya gue pesimis dapet bagus karena lumayan males-malesan di matkul ini, tapi ternyata A-lhamdulillah teman-teman hahaha (kayaknya Agama sama PKn jarang yang nggak paket A deh)

5. Sejarah Seni Rupa Barat
SEJARAH LAGI. Yak apakah gue udah bilang gue lemah sama pelajaran Sejarah? Ya begitulah. Kuliah ini gue lewatkan dengan masuk telinga kiri keluar telinga kanan. Sebenernya seru lho ngikutin perkembangan sejarah seni di Eropa, cuma ya itu dia karena dikemas dalam mata kuliah teori sejarah gue jadi pusing. Apalagi dosennya itu kalo UTS sama UAS pasti mengharuskan kita untuk ngafalin tiap jengkal dari handout yang dia kasih. Serius, jawabannya semua ada di handout, kalo lo bisa afal belasan atau duapuluhan halaman gitu pasti lo bisa dapet bagus deh. Nah, masalahnya gue nggak. Jadi ya gitu, nilai pas-pasan. Kalo buat tugas sih nggak terlalu banyak, cuma sempet disuruh buat makalah kelompok dan presentasi aja di akhir semester.

6. Psikologi Terapan
Yang dipelajari adalah.. Psikologi secara umum. Lebih ke perilaku manusia sih. Gue ngambil matkul yang satu ini bukan karena tertarik materinya, tapi karena ini konon matkul paket A HAHAHAHAHA. Kayak yang gue bilang sebelumnya, sks wajib gue dikit, jadi gue harus ngambil matkul pilihan yang banyak tapi tetep ringan :P dan inilah rutinitas gue dalam kuliah PsikoTer: dateng-duduk-dosen ngebacot-tidur/main hape/gambar/doesn't give a fuck-kuliah selesai. Kalo lagi males malah cuma dateng, isi absen (digilir) trus cabut wkwkwk. Gila lo harus tau matkul ini tuh super bikin ngantuk dan bosen, apalagi setelah gue kuliah Agama dan SR Barat berturut-turut. BAYANGKAN, TEORI SEMUA SOB. Gimana nggak ngantuk. Dosen yang gue pilih juga kalo nerangin suka nggak kedengeran, nggak jelas, atau ngelucu lalu ketawa sendiri. Nyampah bener deh kuliah beginian, tapi lumayan buat nambah sks sama nilai. Sayangnya, meski konon paket A, entah kenapa gue 'cuma' dapet AB :(

7. Gambar IV
Sama kayak Gambar III, cuma bedanya disini kita bener-bener disuruh bikin karya sendiri dengan satu konsep. Konsepnya ini bebas, asal *kalo bisa* konsisten dari tugas pertama sampe terakhir. Media juga dibebasin, boleh pensil, drawing pen, cat air, charcoal dll asal masih berbentuk drawing. Disini kita harus rajin asistensi, apalagi asistensi konsep sama visualisasi. Oh ya di semester ini kita kedatangan dosen baru, sebut saja pak X, yang kalo jelasin muter-muter dan suka sadis kalo komenin gambar anak-anak. Berhati-hatilah, terutama yang NIMnya masuk dalam setengah terakhir. Doi kalo ngasih nilai juga pukul rata, rajin nggak rajin, bagus nggak bagus, ngumpulin nggak ngumpulin, lo bakal dikasih nilai B (kalo nggak salah). Gue sih nggak sama dia, untungnya. Contoh karya gue di Gambar IV ini menyusul juga ya :3

Nah, itu matkul-matkul yang gue ambil di semester 4.


..HAH SEMESTER 4? KOK GUE TUA YA?

No comments: