Monday, September 20, 2010

Pilihan, dan hak orang untuk memilih

Salah satu temen gue, sebut aja X, tiba-tiba menyatakan bahwa dia yang tadinya sangat berniat buat masuk UI jadi lebih pengen masuk IPB.
Lah? Kenapa? Gue juga heran. Padahal gue pikir dia lebih cocok di UI. Dia anaknya pinter lagi. Bukannya gue merendahkan IPB dan mendewakan UI yah, gimana ya, kalo bisa di UI ngapain di IPB gitu, kan sayang. Jurusan yang dipilih si X di IPB dan UI itu sama, tapi jelas UI akreditasi sama peringkatnya lebih tinggi kan.
Setelah ngobrol-ngobrol, ternyata alesan dia kayak gini.
Dia punya koneksi di salah satu fakultas favorit UI (fakultas yang dia pengen juga), dan dia diceritain sama koneksinya itu kalo di fakultas tersebut itu bla bla bla bla bla, yang intinya pergaulannya kurang nyaman gitu deh.
Sedangkan di IPB, menurut dia, lebih enak pergaulannya (dan menurut gue emang sih, anak-anak IPB keliatannya adem ayem alim gimanaaa gitu, hehe). Meskipun gitu, UI tetep sih masuk dalam pilihan dia.

Oke itu hak dia mau kuliah dimana, cuma sekali lagi gimana yah, sayang aja gitu, gue kenal deket sama dia dan gue tau dia orangnya pinter. Gue dengan seriusnya sering bilang ke dia, "X, tampang lo tuh tampang-tampang yang make jaket kuning banget deh, suer" dan dia cuma cengar-cengir doang, haha.
Gini deh, lo yakin mau mengorbankan yang lebih bagus hanya karena pergaulannya? Kalo ilmu yang lo dapetin bisa lebih berkualitas, kenapa harus pilih yang kurang? Toh lo kan belom nyoba, masa udah mau kalah duluan gara-gara hal begitu? Kalo alesannya beda, kayak misalnya universitas A itu terkenal, cuma fakultas tekniknya masih lebih bagus di universitas B walau overall universitasnya nggak seterkenal dan se-high class universitas A, mungkin gue maklum. Tapi kalo soal pergaulan kan, suka nggan suka, dimana-mana lo emang harus adaptasi sama tipe pergaulan yang berbeda. Kita SD SMP SMA juga gitu kan (TK gak diitung soalnya hepi hepi aja)

Pesan yang gue coba sampaikan disini adalah.......dimanapun kalian, siapapun kalian. Kalo kalian emang udah sungguh-sungguh, punya impian dan cita-cita yang tinggi, kenapa harus ragu gara-gara suatu hal yang sebenernya masih bisa diatasin? Soal pergaulan, kalo emang lo pandai jaga diri, lo seenggaknya bakalan punya basic self-defense lah buat nggak terpengaruh sama yang jelek-jelek. Atau kalo lo juga fleksibel malah lebih baik lagi; lo bisa berbaur atau seenggaknya menjalin hubungan baik dengan tipe pergaulan yang berbeda tanpa bener-bener keseret didalemnya.

Tapi yah, kayak kata orang-orang.. Hidup itu pilihan. Gue cuma mau berpendapat aja kok. Lagian kalo emang dasarnya mental sama otak kita oke, kita bisa malah lebih sukses kok walau bukan di tempat yang terbaik, ya nggak? :-)

No comments: