Sunday, January 11, 2009

Buat Presentasi Bio

Buat Fachrul, copy paste nih, terus kalo ada yang butuh contoh & yang perlu ditambahin lagi kasih sendiri ya! Hehe :P

Gen merupakan faktor pembawa dan pengendali sifat-sifat makhluk hidup yang terdapat di dalam kromosom. Kromosom terdapat di inti sel.
Setiap makhluk hidup dapat memiliki sifat, fisiologi, anatomi, dan morfologi yang berbeda-beda karena susunan gennya yang berbeda, tergantung pada induknya, meski pada dasarnya gen-gen yamg dimiliki setiap makhluk hidup mengandung perangkat yang sama. Keanekaragaman gen menjadi makin tinggi jika terjadi perkawinan antar dua makhluk hidup yang mengakibatkan terjadinya rekombinasi gen dan terbentuknya susunan gen yang baru, karena tiap masing-masing makhluk hidup memiliki gen yang sangat banyak dengan susunan yang bragam.
Sifat yang tampak dari luar, seperti contohnya warna dan bentuk cangkang kerang yang berbeda-beda di suatu pantai, disebut fenotipe. Selain faktor genetik (genotipe), fenotipe suatu jenis makhluk hidup juga ditentukan oleh faktor lingkungan. Karena itu, dua makhluk hidup yang memiliki susunan gen yang sama belum tentu memiliki fenotipe yang sama dan juga sebaliknya, dua makhluk hidup yang memiliki genotipe berbeda belum tentu memiliki fenotipe yang berbeda.

No comments: