Friday, August 8, 2008

Bencong Dan Tomboy Itu Berbeda, Nak

Udah banyaaak banget event yang kelewat selama ketidakpostingan gue. Cerita pas gue jatuh cinta sama Skandar Keynes, liburan, lulus, farewell party, wisuda, ke dufan dan laen" pengennya gue posting semuanya sekaligus.. Tapi keanya ga mungkin. Jempol gue bisa kapalan -__-
Makanya gue mau posting satu" aja, in a random order (capek gitu ngurutinnya)
Oke deh, gue mau kejar setoran eh postingan. Dimulai dari yang terlintas di otak gue sekarang, yakni tentang insiden kecil pas gue awal masuk SMA..

Ceritanya hari kamis, Acul, temen gue (kalo ini emang nama panggilan dia beneran, tapi nama aslinya Vinita), pulang sekolah mau beli seragam. Gue, setia menemani (caelah). Maka pergilah kita ke koprasi.
Sampe disana, naujubileee, RAME BANGET KEA CENDOL!
*ps: gue sendiri juga ga ngerti kenapa ' rame kea cendol', wong cuma ngikut orang doang :p *
Kita mesti pinter" nyelip. Sukur" ga ditabok anak laen gara" nyelak. Sementara si Acul sabar menanti di barisan paling belakang, gue nungguin dia, berdiri diluar jubelan manusia. Pas lagi serius bengong, gue ngeh kalo daritadi ada anak kecil cewek - yang keanya anaknya orang koprasi, berdiri di samping gue sambil ngeliatin gue dari atas sampe bawah dengan begonya. Gue bales ngeliatin si anak kecil itu. Eeh tau" dia nanyain gue.

anakkecilbego: Mbak, mbak, mbak smp apa sma???
gue: smaaa

FYI, waktu itu masih seminggu pertama masuk SMA, disuruh pake seragam asal SMP dulu. jadi gue pake seragam SMP gue yang putih ijo. Wajar aja tu anak kecil bingung, dia tadi sempet ngeliat" bet Alpust gue gitu.

anakkecilbego: kok bajunya gitu???
gue: disuruh.. *mulai bete*
Acul, yang dari tadi dengerin percakapan: anak kecil Chz, anak keciil.

Anak kecil itu diem bentar. Lalu dia beralih ke Acul.

anakkecilbego: mbak mbak *mangil Acul*
Acul: *nyuekin*
anakkecilbego: mbak mbak mbak *sambil narikin roknya Acul*
Acul: apaa?! *nada sangar*
anakkecilbego: MBAK BENCONG YA?


Jam dinding pun tertawa. Dan aku hanya diam. Dan membi.. sul.
Iya, gue cuma bisa diem. Mau ketawa nggak enak. 2 orang cewek yang keanya dengerin di sebelah Acul udah senyam-senyum nahan kentut. Acul pun terserang gondok.

FYI again, emang Acul gayanya boyish plus cuek" gitu. You know laaah, cewek anak band yang emo dan gahoel, kea apa sih. (kalo Acul baca bisa ditimpuk nih)
Tapi plis deh ya, 'BENCONG' sama 'TOMBOY' itu beda. Anak kecil itu rupanya belom tau kata 'maskulin', 'feminin', 'waria', 'hermafrodit', 'tomboy', dan 'emo'. Yang dia tau adalah kata 'bencong' yang dia mispersepsikan sebagai seseorang yang berpenampilan menyerupai lawan jenisnya.
Duh, mau jadi apa bangsa Indonesia sekarang? Bukannya apa-apa, gue takut aja, lets say lah ntar kalo tu anak kecil ketemu Sansan vokalisnya Pee Wee Gaskins slese manggung, dia bakal nanya: "Mas mas, udah lama jadi BENCONGnya? Kok nyanyi disini sih mas? Yang aku tau yah mas BENCONG tuh biasanya nyanyi di bus kota pas lampu merah sambil bawa kecrekan gitu deh mas. Temen" mas emang nggak malu punya penyanyi BENCONG, mas? Mana mas pake celana bukannya pake rok, kan biasanya BENCONG pada pake tau mas!! Mas niat nggak sih jadi BENCONG!!!"
Nggak lucu kan.


Pas si anak kecil uda pergi, Acul setengah bisikin gue,
"Untung anak kecil. Coba kalo anak smp, gue lempar deh"

Sejak itu, kalo ketemu si anak kecil di sekolah, terutama Acul - suka waswas sendiri. Abis, tu anak tatapannya 'investigasi' banget. Seakan-akan setiap saat kita lengah, anak kecil itu bakal menghujam kita sama pertanyaan-pertanyaan seperti,
"Mbak mbak, mbak kok betah aja sih jadi BENCONG?"


Well little girl, thanks God to your age.

1 comment:

L U N A said...

buset deh ces, kl gue jadi si acul mah gue ga peduli umur.. tu ank bakal gue geret ke emakny trus gue blg "bu, anak ibu idiot!" HAHAHAHAHAHAHA (sejak msk sma, gue jd tmbh brutal..)