Monday, June 1, 2009

Thoughts of Being Wrongfully Considered

Tell me, is it fair if peoples judge you wrong while they don't even know you better than your friends?

Halo dunia, dan kamu, iya termasuk kamu yang lagi baca tulisan ini, gue cuma pengen ngomong sesuatu.
Masih bersangkutan dengan postingan gue yang ini.
Pernah belajar sosiologi, 'kan? Kalo udah, pasti tau Teori Labeling yang di bab Perilaku Menyimpang dan Sikap Antisosial pas kelas X, dong? Kalo nggak tau atau lupa, oke gue kasitau aja yaa.
"Menurut Edwin M. Lemert, seseorang melakukan perilaku menyimpang karena proses labeling (pemberian cap, julukan, predikat atau merek) yang diberikan masyarakat pada dirinya. Pada awalnya seseorang melakukan penyimpangan baik sengaja maupun tidak sengaja yang dinamakan penyimpangan primer (primary deviation). Dalam penyimpangan primer ini si pelaku masih diterima secara sosial. Namun seringkali pelaku penyimpangan primer itu mendapat julukan atau mengalami proses labeling dari masyarakat. Sebagai tanggapan terhadap pemberian cap oleh orang lain tersebut, pelaku penyimpangan kemudian mendefinisikan dirinya sebagai penyimpang dan mengulangi lagi perilaku menyimpangnya atau melakukan penyimpangan sekunder (secondary deviation) sehingga ia mulai menganut suatu gaya hidup menyimpang." -dikutip dari buku Sosiologi gue-
Nah, dan menurut gue, itu mungkin agak sama kayak kondisi gue sekarang. Orang-orang sekarang ngecap gue player. Kalo gue jadi player beneran yang mau tanggung jawab siapa?
Terserah mereka lah, kalo mereka merasa dirinya hakim dan yang paling bener. Gue ngerasa kalo mereka cuma belom kenal gue aja. Coba kalo mereka kenal gue dari SMP, apa mereka bakal ngomong kayak gitu? Mereka 'kan nggak tau gimana sabarnya gue menghabiskan 3 taun masa SMP gue dengan setia sama cuma 2 orang cowok (masing-masing 1,5 taun) terus dikecewain dan patah hati terus? Kalo perlu baca postingan gue tentang si Cunguk yang ini ini ini dan ini deh buat detailnya. Terus sekarang mereka bilang gue player? Hahaha, pas gue ceritain ke temen gue yang udah agak lama kenal gue aja dia sampe ketawa gitu -,-
Gue, pada dasarnya, sangat-amat sensitif sama apa yang orang pikirin tentang gue. Ini juga yang menyebabkan kadang gue suka nggak PD an. Tapi kali ini gue nggak bisa diem lah kalo mereka udah nge judge gue kayak gitu, dan yang gue kecewa ternyata ada salah satu orang yang cukup gue respekin nge judge gue kayak gitu juga. Waktu telponan sama Luna kemaren, gue sempet nanya-nanya dikit sama dia dan ternyata dia sempet mengalami kurang lebih hal yang sama; dia di cap nggak enak sama orang gara-gara gaulnya sama cowok terus. Gue pikir; laaaah emang salah kalo gaul sama cowok? Kenapa sih sama orang-orang sekarang? *sigh*
Oke mungkin tindakan gue ngebacot disini terbilang pengecut ya. Gue juga sadar kalo gue juga salah. Tapi seandainya di pengadilan ya, gue bakal ngeluarin semua yang tertahan di pikiran gue, speak up, dan temen-temen gue yang udah ngerti gue aslinya kayak apa bakal gue bawa semuanya buat jadi saksi! Halah, jadi esmosi gini lagi kan gue. Gue bukannya nggak suka nerima kritikan, gue malah suka kok, karena kritikan itu kan ada biar kita bisa evaluasi/instrospeksi diri. Tapi apa kabar kalo kritikannya asal gitu? Ke laut aja!

Cessi is signing out, ciao!

No comments: